Dark/Light Mode

Gus Halim: Transparansi Jamin Hak Warga Negara Untuk Tahu

Selasa, 28 September 2021 18:28 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (kiri) dan Ketua Komisi Informasi Gede Narayana menyerahkan 10 pemenang Desa Terbaik yang implementasikan Keterbukaan Informasi Publik di ICE BSD City, Selasa (28/9). (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (kiri) dan Ketua Komisi Informasi Gede Narayana menyerahkan 10 pemenang Desa Terbaik yang implementasikan Keterbukaan Informasi Publik di ICE BSD City, Selasa (28/9). (Foto: Humas Kemendes PDTT)

 Sebelumnya 
Gus Halim menegaskan, SDGs Desa bukanlah konsep yang muluk-muluk. Bukan pulamimpi yang mustahil dicapai. SDGs Desa merupakan konsep pembangunan praktis, yang sangat mudah diaplikasikan.

"SDGs Desa menyederhanakan desa dalam mengumpulkan data, kemudian menggunakan hasilnya untuk memahami profil desa, serta memanfaatkannya untuk menyusun perencanaan pembangunan desa, memilih prioritas kegiatan dan memantau keberhasilan kegiatan, serta mengukur capaian tujuan membangun desa," urai Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Dengan SDGs Desa, Pembangunan Desa akan berjalan di atas prinsip No One Left Behind. Pembangunan yang tidak meninggalkan satu orang pun terlewatkan dalam aktivitas pembangunan.

Baca juga : Gus Halim Optimis, 2024 Indonesia Bebas Kemiskinan Ekstrem Level Desa

Pembangunan desa, lanjutnya, tidak menyisakan satu warga desa pun yang tidak dapat menikmati hasilnya.

"Kerja-kerja pembangunan, tidak bisa hanya dilakukan pemerintah saja, membangun desa tidak akan berhasil kalau hanya menjadi monopoli pemerintah desa saja," beber Gus Halim.

Untuk itu, perlu kolaborasi antar banyak pihak, partisipasi aktif warga, serta dukungan mitra pembangunan. Untuk itulah, diperlukan keterbukaan pemerintah, termasuk pemerintah desa, terkait kebutuhan pembangunan, aktivitas pembangunan, hasil pembangunan, serta ketersediaan sumber daya untuk pembangunan.

Baca juga : Gus Halim Siapkan Kebumen Bebas Kemiskinan Ekstrem 2024

"Dengan keterbukaan, melalui responsibilitas perangkat desa, saya meyakini, 74.961 desa di Indonesia akan mengantarkan Indonesia pada pintu gerbang kemajuan," tandasnya.

Turut hadir menemani Gus Halim, Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT Taufik Madjid dan Pejabat tinggi lingkup Kemendes PDTT.

Gus Halim bersama Ketua Komisi Informasi Gede Narayana menyerahkan 10 pemenang Desa Terbaik yang implementasikan Keterbukaan Informasi Publik. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.