Dark/Light Mode

Alhamdulillah, Kementerian Tenaga Kerja Punya 4 BLK Baru

Sabtu, 14 September 2019 20:27 WIB
Empat BLK baru diresmikan Kemnaker untuk memperkuat akses dan mutu pelatihan vokasi (Foto: Humas Kemnaker)
Empat BLK baru diresmikan Kemnaker untuk memperkuat akses dan mutu pelatihan vokasi (Foto: Humas Kemnaker)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka memperkuat akses dan mutu pelatihan vokasi, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meresmikan empat Balai Latihan Kerja (BLK) baru. Keempat BLK tersebut adalah BLK Sidoarjo, BLK Banyuwangi, BLK Belitung, serta BLK Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep).

Peresmian operasional keempat BLK ini dilangsungkan secara serentak di BLK Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (13/9).

"Dengan adanya penambahan keempat BLK tersebut, masyarakat memiliki akses yang lebih luas untuk mengikuti pelatihan vokasi," kata Dirjen Binalattas Kemnaker, Bambang Satrio Lelono, saat memberikan sambutan dalam peresmian empat BLK.

Baca juga : Alhamdulillah, Seluruh Papua Barat Sudah Kondusif

Peresmian keempat BLK tersebut, sebut Bambang, sejalan dengan komitmen pemerintah untuk fokus membangun SDM. "Diharapkan, BLK-BLK ini dapat memberi manfaat bagi peningkatan kompetensi dan daya saing SDM. Khususnya, keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan daerah-daerah," jelasnya.

Bambang juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah, yang telah turut membantu pembangunan keempat BLK tersebut.

Secara khusus, Bambang juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sidoarjo, yang telah membantu hibah lahan mencapai 10 hektar, mempermudah perizinan, dan lain sebagainya.

Baca juga : Badiklat Kejaksaan Terapkan Penanganan TPPO Berbasis E-Learning

"Ini tak lepas dari bantuan Bapak-bapak sekalian, sehingga keempat BLK ini dapat berdiri, untuk kemudian membantu meningkatkan kompetensi SDM," ujar Bambang.

Kepala BLK Sidoarjo, Imam Agung menambahkan, secara fisik, pembangunan keempat BLK berstatus Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) tersebut telah dimulai sejak beberapa tahun terakhir. Namun, secara kelembagaan, BLK Sidoarjo dan BLK Banyuwangi ditetapkan sebagai BLK UPTP mulai tahun 2018.

"BLK Sidoarjo dipersiapkan untuk mencetak SDM terampil di sektor industri manufaktur. BLK Banyuwangi fokus untuk mendukung SDM di sektor pariwisata, processing, dan beberapa kejuruan lainnya," terang Imam.

Baca juga : Menteri Siti dan DPR Bahas Rencana Kerja dan Anggaran 2020

Secara kelembagaan, BLK Belitung dan BLK Pangkep ditetapkan sebagai BLK UPTP pada tahun 2019. "Kedua BLK tersebut akan memberikan pelatihan di bidang pariwisata, processing, dan beberapa kejuruan untuk mendukung industri manufaktur," kata Imam. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.