Dark/Light Mode

Kunker Ke Tasik, Menaker Bahagia

Bantuan Kemnaker Mampu Serap Tenaga Kerja

Rabu, 9 Juni 2021 21:45 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah memegang Tasik Lobster (TASTER) saat kunjungan kerja ke kampung Bantar, Bantarsari, ungursari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (9/6/2021).
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah memegang Tasik Lobster (TASTER) saat kunjungan kerja ke kampung Bantar, Bantarsari, ungursari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (9/6/2021).

 Sebelumnya 
Usai kunker ke budidaya ikan nila, Ida meninjau pusat kelompok Tasik Lobster (TASTER) air tawar di Kampung Bantar, Bantarsari, Ungursari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Ida memuji keberhasilan kelompok budidaya TASTER pimpinan Taufikullah alias Kang Opik. Pasalnya Kang Opik Cs mampu bertahan dan fokus mengembangkan lobster jenis Cherax Quadricarinatus atau Red Claw (Capit Merah) sejak 2013.

Baca juga : Sekjen Kemenaker Minta GNB Desak ILO Pulihkan Dunia Kerja

"Kemnaker mengapresiasi kelompok budidaya TASTER yang dipimpin Taufikullah, karena berkomitmen terus mengembangkan usaha melalui peningkatan produksi dan perekrutan anggota baru," imbuhnya.

Baca juga : Kunker Ke Sidrap, Mentan Syahrul Komitmen Garap Porang Jadi Komoditas Andalan

Terlebih lagi, keberhasilan Kang Opik dimulai sendirian. Sekarang, telah mengorbitkan 50 kelompok TASTER di wilayah Bungursari. Mulai dari indukan, anakan, hingga tahap konsumsi. "Kelompok TASTER ini menjadi inkubasi bisnis. Ini luar biasa, dengan pasar dari Tasikmalaya hingga keluar Tasikmalaya," paparnya.

Baca juga : PUPR Perbanyak Program Padat Karya Untuk Serap Tenaga Kerja

Lobster Cherax adalah jenis lobster air tawar konsumsi yang teksturnya lebih besar disbanding lobster-lobster air tawar lainnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.