Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BLK Komunitas Latih Pelayan Jasa Penunjang Pariwisata

Jumat, 11 Juni 2021 15:00 WIB
Salah satu pelatihan pelayan jasa penunjang pariwisata adalah pelatihan jurusan kuliner, termasuk bagaimana platting atau menghidangkan makanan dengan cantik.
Salah satu pelatihan pelayan jasa penunjang pariwisata adalah pelatihan jurusan kuliner, termasuk bagaimana platting atau menghidangkan makanan dengan cantik.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas terus membuka jenis kejuruan pelatihan vokasi. Salah satunya, melatih pelayan jasa penunjang pariwisata.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, pihaknya terus berupaya mempersiapkan tenaga kerja berkompeten dan berdaya saing. Karena itu, berbagai jenis kejuruan selalu dikembangkan, sesuai kebutuhan dan potensi masing-masing daerah. Di antaranya spa therapist, kuliner, pembuatan konten film dan YouTuber, barista, animasi, dan lainnya.

Baca juga : Gus AMI: BLK Komunitas Ciptakan SDM Unggul Siap Kerja

Salah satu jenis kejuruan baru dan akan menjadi andalan Kemenaker dalam mendukung sektor pariwisata adalah kejuruan spa therapist. Kejuruan spa alias traditional healing ini dilatih untuk melayani pasar tenaga kerja dalam negeri, luar negeri, maupun wirausaha. Sehingga, peluang lulusannya untuk bekerja lebih besar.

"Sejumlah BLK Komunitas di kawasan Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo akan dibangun khusus untuk kejuruan spa. Untuk mempersiapkan jurusan baru itu, Kemenaker bekerja sama dengan Martha Tilaar, Mustika Ratu, Wardah, dan lain-lain," kata Ida di Jakarta, Kamis (10/6).

Baca juga : Kondisi Relatif Aman, Bali Siap Gelar 20 Event Pariwisata

Dalam pelatihan spa di BLK Komunitas ini, para siswa akan banyak diajarkan teknik baru. Seperti meramu bahan-bahan ramuan tradisional, memijat, totok wajah, refleksi, lulur, creambath, sampai menyambut tamu dan menjaga kebersihan maupun kenyamanan ruangan spa.

"Spa merupakan layanan jasa penunjang pariwisata. Indonesia kaya dengan rempah-rempah dan bahan jamu-jamuan. Lama pelatihan sekitar 1,5 bulan. Nanti setelah lulus pelatihan, para siswa akan menerima sertifikat yang sudah disiapkan dan didampingi untuk penempatan kerjanya," tutur Menaker.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.