Dark/Light Mode

Talent Corner, Solusi Bagi Anak Muda Pengangguran

Sabtu, 12 Juni 2021 16:15 WIB
Plt Direktur Bina Standardisasi Kompetensi dan Program Pelatihan Ditjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Binalatvoktas) Kemnaker, Muchtar Aziz
Plt Direktur Bina Standardisasi Kompetensi dan Program Pelatihan Ditjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Binalatvoktas) Kemnaker, Muchtar Aziz

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus berupaya menekan angka pengangguran di Indonesia. Khusus bagi anak-anak muda, Kemnaker punya program Talent Corner.

Plt Direktur Bina Standardisasi Kompetensi dan Program Pelatihan Ditjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Binalatvoktas) Kemnaker, Muchtar Aziz mengatakan, pihaknya terus mensosialisasikan Talent Corner untuk memberdayakan anak-anak muda bagi pembangunan perekonomian. Mengingat, program ini bisa memetakan talenta muda di daerah.

Baca juga : PT Bhramasta Sakti Bangun Fasilitas Peternakan dan Perkebunan yang Terintegerasi

"Berbagai tahapan komprehensif perlu dilakukan dalam pemetaan talenta, pengembangan skill, dan match making yang mempertemukan talenta muda dengan komunitas, serta jaringan profesional agar dapat berkolaborasi bersama," terang Muchtar, saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Pemetaan Potensi Kebutuhan Talenta Muda dan Talent Talks di Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (11/6).

Kemnaker berkomitmen memfasilitasi talenta muda melalui pengembangan kewirausahaan dan peningkatan pelatihan sesuai kebutuhan industri. Muchtar yakin, dengan memberdayakan talenta muda, angka pengangguran di kalangan pemuda dapat ditekan.

Baca juga : Korea, Saus Dan Rendang

Sebagai pembanding, saat ini tingkat pengangguran anak muda di Indonesia masih termasuk yang tertinggi dibanding negara Asia Tenggara lainnya. Seperti Filipina, Thailand, Vietnam, Singapura, dan Malaysia.

Sebab itu, lanjut Muchtar, pengembangan talenta muda ini dilakukan dengan cara mengidentifikasi minat dan potensi diri. Tentunya melalui peningkatan kompetensi dan keterampilan sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga : Serius Dengan Bintang NBA

"Ini terjadi karena kurangnya relevansi keterampilan yang dihasilkan dengan permintaan pada pasar kerja. Sehingga pemetaan melalui Talent Corner ini diharapkan dapat menekan mismatch tersebut," tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.