Dewan Pers

Dark/Light Mode

Atasi Kisruh Hubungan Industrial

Kemnaker, Pengusaha dan Pekerja Sepakati Deklarasi Gotong Royong

Rabu, 14 Juli 2021 10:50 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menandatangani Deklarasi Gotong Royong.
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menandatangani Deklarasi Gotong Royong.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), dan pimpinan Konfederasi Serikat Pekerja menggelar Deklarasi Gotong Royong Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali.

Deklarasi ini ditandai dengan bersama-sama membaca pakta deklarasi, dilanjutkan penandatanganan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dan pada pimpinan pengusaha serta pekerja.

Berita Terkait : Ini Keuntungan Industri Punya Sertifikat TKDN

Enam butir pernyataan Deklarasi Gotong Royong itu, pertama, menyelesaikan segala pertikaian dan konflik melalui dialog yang sehat dan kompromi yang adil. Kedua, menepis semua berita bohong terkait pandemi Covie-19 yang tidak berdasar pada kajian medis.

Ketiga, tetap mematuhi protokol kesehatan dalam masa PPKM Darurat dan masa-masa sesudahnya. Keempat, meniadakan pengumpulan massa yang berpotensi menyebarkan virus Covid-19, dan membawa semua bentuk perselisihan ke meja perundingan dengan kepala dingin dan bertanggung-jawab.

Berita Terkait : Petani Minta Pemerintah Perkuat Diplomasi Ke China

Kelima, memberikan tugas kepada Menaker Ida, dengan seluruh kewenangan yang dimilikinya, untuk mengupayakan langkah-langkah praktis dan strategis memperbaiki situasi industri dan ketenagakerjaan di seluruh Indonesia, selama dan pasca pandemi Covid-19.
 Selanjutnya