Dark/Light Mode

Adaptasi Kebiasan Baru

Kemnaker Harap Pekerja Lebih Produktif & Inovatif

Selasa, 20 Juli 2021 17:20 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjan, Anwar Sanusi
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjan, Anwar Sanusi

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Ketenagakerjan (Kemnaker) terus melatih pekerja agar lebih produktif dan inovatif, meski bekerja dari rumah. Apalagi, perkembangan zaman menuntut para pekerja tidak gaptek alias gagap teknologi.

Melalui Pusat Pengembangan SDM Ketenagakerjaan, Kemnaker menggelar Webinar "Berdamai Dengan Pandemi: Be Happy, Be Healthy, Keep Productivity", Senin (19/7). Hadir sebagai nara sumber di even ini praktisi Kesehatan Lula Kamal dan Psikolog Tika Bisono.

Berita Terkait : Pantau Kesejahteraan Karyawan, Kemnaker Masifkan WLKP Online

Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi mengatakan, pandemi membuat perubahan dan menuntut pekerja beradaptasi dengan kebiasaan baru. Seperti perubahan cara kerja dari konvensional menjadi bekerja secara online.

"Adaptasi kebiasaan baru menuntut kita siap menggunakan teknologi informasi di tengah perkembangan disrupsi industri yang dikenal dengan revolusi industri 4.0. Sehingga bekerja secara online atau dalam jaringan, dewasa ini menjadi sebuah keniscayaan," tutur Anwar dalam siaran pers yang diterima RM.id, Selasa (20/7).

Berita Terkait : Kemnaker Minta Perusahaan Cegah PHK Di Tengah PPKM Darurat

Dalam situasi pandemi, tuntutan untuk terus bekerja secara produktif menjadi hal yang tidak mudah. Karena tidak ada kesiapan perencanaan kerja, kesiapan sarana prasarana kerja, maupun kesiapan para pelaksana dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung kelancaran pekerjaan. Hal ini menjadi penyebab utama penghambat produktivitas kerja secara online.

Sebab itu, Anwar mengimbau agar pekerja tidak hanya mampu bekerja secara produktif, tapi dapat juga bekerja secara inovatif. Khususnya dalam rangka memberikan pelayanan fungsi-fungsi ketenagakerjaan kepada masyarakat.

Berita Terkait : Menaker Tawarkan Opsi Bagi Perusahaan Di Sektor Esensial

Selain hal tersebut, terdapat hal penting lainnya untuk digarisbawahi. Seperti dampak positif dan negatif dari perubahan cara kerja yang dilakukan secara online.

Seperti diketahui, bekerja secara online dapat menimbulkan dampak positif. Seperti dapat berkumpul bersama dalam satu forum yang sama secara real time dan dengan pembahasan yang sama secara virtual.
 Selanjutnya