Dark/Light Mode

Koordinasi Alur Pemulangan PMI Dari Taiwan

Menaker 10 Kali Rapat Bareng KDEI Taipei

Jumat, 27 Agustus 2021 16:50 WIB
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah

 Sebelumnya 
Di alur kedua, di titik debarkasi, 121 PMI dan 8 jenazah mendarat di Tanah Air, Sabtu (21/8) pukul 03.00 WIB dini hari menggunakan pesawat Batik Air. Di titik debarkasi ini, politisi PKB itu, seluruh PMI menjalani pemeriksaan kesehatan oleh Satgas Covid-19, seperti suhu, pemeriksaan hasil PCR atau antigen, dan pemeriksaan dokumen keimigrasian PMI.

Selanjutnya, saat tiba di tempat karantina Wisma Atlet Pedemangan, terhadap para PMI kembali dilakukan Swab PCR test pertama. Jika hasil positif, dilanjutkan isolasi di tempat yang telah disediakan. Sedangkan jika hasil negatif, dilanjutkan dikarantina selama 8x24 jam.

Baca juga : Menaker Paparin Alur Pemulangan PMI Dari Taiwan

"PMI kembali dites swab PCR test kedua sebelum kepulangan ke daerah asal. Jika hasil negatif, maka karantina selesai. Jika hasil positif, lanjut isolasi," beber Ida.

Alur terakhir pemulangan yakni pemulangan PMI ke daerah asal. Ini bisa dilakukan secara mandiri atau melalui manning agent atau Badan Perlindungan PMI (BP2MI). Kemudian diadakan koordinasi atau serah terima PMI di daerah asal dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) atau unit pelaksana tugas BP2MI setempat.

Baca juga : Pasien Varian Delta Miliki Muatan Virus 300 Kali Lipat Lebih Banyak

"Selama di daerah asal, PMI melaksanakan karantina mandiri selama 14x24jam dan disiplin protokol kesehatan," papar mantan anggota DPR itu. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.