Dark/Light Mode

Al-Qur`an: Membumi Untuk Melangitkan (3)

Kamis, 18 November 2021 06:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Manusia tidaklah sepantasnya memaksakan kehendak agar manusia lain mengikuti petunjuk-Nya. Allah SWT tidak melakukannya dan para Nabi-Nya pun tidak melakukannya. Bahkan Allah SWT  menegaskan: Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, (Q.S. Al-Qashash/28:56).

Baca juga : Al-Qur`an: Membumi Untuk Melangitkan (2)

Dalam ayat lain Allah SWT menyindir orang-orang yang melampaui kapasitasnya, mau memaksakan keinginannya untuk dan atas nama agama: Dan jikalau Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya? (Q.S. Yunus/10:99).

Baca juga : Al-Qur`an: Membumi Untuk Melangitkan (1)

Namun perlu diingat bahwa, siapapun tidak boleh berlindung dengan jargon “membumikan agama” untuk menghalalkan yang haram atau mengharamkan yang halal, atau melakukan penafsiran secara liberal kitab suci hingga keluar jauh meninggalkan inti ajaran agama. Harus kita ingat bahwa pembumian agama untuk melangitkan kembali manusia setelah jatuh dalam drama kosmos, yang dilakukan oleh nenek moyang kita Adam dan Hawa. Allahu a’lam. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.