Dark/Light Mode

Hikmah Di Balik Penolakan Doa (1)

Rabu, 29 Desember 2021 06:25 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Setiap orang selalu mengharapkan doanya dikabulkan, terutama untuk sebuah hajat yang sangat penting dan genting. Namun ternyata tidak semua doa kita dikabulkan Tuhan.

Apa arti di balik pengabulan dan penerimaan sebuah doa? Apakah pengabulan doa berarti tanda cinta Tuhan atau sebaliknya? Atau penolakan doa berarti tanda benci Tuhan terhadap diri kita?

Baca juga : Menyikapi Tahun Baru (2)

Penolakan atau tertundanya sebuah doa boleh jadi disebabkan karena beberapa hal, antara lain, pertama, Allah SWT mencintai hamba yang bersangkutan, karena itu Ia menolak permohonannya.

Yang bersangkutan diminta untuk ke langit dan di langit pasti lebih banyak pilihan yang Maha Baik dibanding apa yang dimohonkannya di bumi. Allah SWT tidak ingin mengabulkan permohonan itu agar yang bersangkutan tidak asyik bermain dan menikmati hasil doanya, lalu lupa naik ke langit.

Baca juga : Menyikapi Tahun Baru (1)

Kita terkadang menanggapi seorang pemohon dengan memberikan permintaannya segera, agar dia tidak datang lagi.

Kedua, Allah SWT memandang yang bersangkutan tidak terlalu penting baginya apa yang dimohonnya. Permohonan itu lebih dibutuhkan oleh anak-anak atau cucu kesayangannya di kemudian hari.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.