Dark/Light Mode

Berbagi Energi Positif Di Akhir Tahun (2)

Rabu, 22 Desember 2021 06:25 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Hadis ini sejalan dengan ayat: “Dan jika dihormati dengan suatu penghormatan, balaslah penghormatan itu dengan dengan yang lebih baik dari padanya (yang serupa).” (Q.S. An- Nisa’/4:86).

Baca juga : Berbagi Energi Positif Di Akhir Tahun (1)

Sebuah riwayat dari Ama’binti Abi Bakar (W.73H) bertanya kepada Nabi perihal kedatangan ibunya yang masih berstatus non-muslim. Apakah boleh menyambut dan bersilaturrahim dengannya, lalu Nabi menjawab: “Sambutlah Ibu dan bersilaturrahimlah dengannya”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca juga : Tradisi Keagamaan Berkeindonesiaan (2)

Riwayat lain dari ‘Aisyah ra (W.58H) menceritakan sekelompok Yahudi datang kepada Nabi sambil mengatakan: “Assamu alaikum” (kebinasaan atasmu), lalu Aisyah menjawab: “Waalaikumussam wa al-la’nah” (atasmu juga kebinasaan dan laknat). Mendengarkan isterinya menjawab salam seperti itu, maka Nabi menegur: Pelan-pelan wahai Aisyah, sesungguhnya Allah Swt menyukai kelembutan dalam setiap perkara”. Aisyah membela: “Apakah engkau tidak mendengar apa yang mereka katakan kepadamu?”(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.