Dark/Light Mode

Mengapa Islam Cepat Mengglobal? (1)

Islam Sebagai Agama Kemanusiaan (2)

Rabu, 12 Januari 2022 06:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
4) Al-Musyawarah yang sudah menjadi bahasa Indonesia (musyawarah) yang tidak lain maknanya adalah demokrasi, yaitu memberi kesempatan secara terbuka kepada semua pihak mengedepankan pendapatnya secara merdeka, tanpa harus khawatir sedikit pun kepada siapapun, kerena prinsip demokrasi ini sesuai dengan anjuran Allah SWT di dalam Q.S. Ali ‘Imran/3:159). Allah SW T juga memberi contoh dengan berdialog dengan para malaikat tentang rencana penciptaan manusia (Q.S. al-Baqarah/2:30 dst), berdialog dengan Iblis (Q.S. al-Hijr/15:32), dan manusia (Q.S. Al-A’raf/7:172).

Baca juga : Islam Sebagai Agama Kemanusiaan (1)

Keempat nilai-nilai dasar tersebut di atas membuat amat mudah diterima oleh siapapun yang menggunakan keluhuran hati nuraninya. Keempat nilai dasar itu sangat compatible dengan universalitas kehidupan masyarakat. Keempat nilai dasar itu dirasakan bagian yang inheren dengan kehidupan umat manusia, sehingga sulit untuk diproteksi. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.