Dark/Light Mode

Dilema Nikah Siri (3)

Sabtu, 29 Januari 2022 07:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
6) Dengan kesadaran kedua belah pihak untuk kawin berjangka atau kawin kontrak, misalnya sama-sama menjalani masa pendidikan di luar negeri lalu mereka sepakat untuk kawin kontrak sampai perogram masing-masing selesai. Ini banyak dilakukan mahasiswa-mahasiswa Islam di luar negeri.

7) Di sebuah pulau atau desa terpencil sulit mengakses PPN atau KUA maka disepakati kedua belah pihak untuk nikah siri, sambil menunggu perkawinan resmi di depan penghulu.

Baca juga : Dilema Nikah Siri (2)

8) Seorang warga negara asing memang sulit memperoleh referensi atau surat keterangan dari representatif negaranya di Indonesia sebagai persyaratan menikahi perempuan Indonesia, maka terpaksa ia memilih nikah siri. Di antara mereka ada yang mengisbatkan perkawinan mereka setelah persyaratan formalnya selesai.

9) Kedua belah pihak tidak punya kemampuan untuk membiayai administrasi perkawinan. Akan tetapi yang terakhir ini bisa diselesaikan dengan cara membawa surat keterangan miskin untuk mendapatkan pelayanan gratis dari KUA setempat.

Baca juga : Dilema Nikah Siri (1)

Di antara berbagai faktor penyebab nikah siri itu, poin pertama, yakni motivasi untuk poligami paling dominan. Maraknya perkawinan bawah tangan pada umumnya dipicu oleh motivasi poligami, yaitu kecenderungan seorang laki-laki untuk mengawini seorang perempuan tetapi terhambat oleh persyaratan poligami yang memang cukup ketat. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.