Dark/Light Mode

Jalan Panjang Konsolidasi Islam Indonesia (1):

Agama-agama Lokal Pra Islam (2)

Jumat, 4 Februari 2022 06:45 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Analisis sistem budaya juga menggambarkan masa ini sebagai masa akulturasi yang amat penting, di mana budaya dan sistem religi luar bisa beradabtasi dalam konteks budaya kepulauan Nusantara. Di dalamnya ada pengaruh Hindu, Arab (Islam), Cina, Portugis, dan Inggris. Sistem budaya, sistem religi, sistem ekonomi, dan sistem teknologi sudah banyak ditemukan di pusat-pusat kerajaan Nusantara sejak dahulu kala.

Baca juga : Agama-agama Lokal Pra Islam (1)

Menarik untuk dikaji, agama-agama dan kepercayaan lokal di dalam masyarakat Nusantara masih tetap bertahan dalam dunia modern dan masyarakat global. Di sejumlah kelompok masyarakat di tanah air masih tetap mempertahankan ajaran leluhurnya, meskipun sudah diwarnai dengan variasi syinkretik atau bertumpang tindih dengan ajaran-ajaran agama yang datang sesudahnya.

Baca juga : Budidayakan Tanaman Kopi , Surveyor Indonesia Siapkan Greenhouse

Dari kenyataan ini bisa dipertanyakan anggapan kalangan orientalis yang mengatakan bahwa agama yang tidak masuk akal akan ditinggalkan pemeluknya. Banyak agama dan kepercayaan lokal, bahkan agama-agama besar mempunyai sistem ajaran yang tidak rasional tetapi tetap bertahan dan dipertahankan.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.