Dark/Light Mode

Jalan Panjang Konsolidasi Islam Indonesia (2)

Pola Dialektik Masuknya Islam Di Nusantara (3)

Senin, 7 Februari 2022 07:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Perkembangan selanjutnya, terutama paroh kedua Pemerintahan Orde Baru, yang ditandai dengan tampilnya tokoh-tokoh pembaharu di Indonesia yang baru pulang dari luar negeri dan memompakan semangat modernitas di masyarakat melalui forum dan lembaganya masing-masing.

Baca juga : Pola Dialektik Masuknya Islam Di Nusantara (2)

Patut dicatat sejumlah nama seperti Prof Dr Harun Nasution mendirikan Pascasarjana UIN Jakata, Prof Mukti Ali yang menjadi tokoh birokrasi muslim berpengaruh, Gus Dur yang baru pulang langsung menggebrak dengan FORDEM-nya, Nurcholish Majid dengan Paramadinanya, Quraish Shihab dengan Pusat Studi Al- Qur’annya, Bang Imad, Dawam Raharjo, dll, semuanya merasa terpanggil untuk mengambil bagian.

Baca juga : Pola Dialektik Masuknya Islam Di Nusantara (1)

Disusul dengan lahirnya ICMI yang dikomandani banyak alumni Barat. Tampilnya figur Pak Habibie, disebut oleh media Barat dengan The Habibie Factors mengubah wajah Islam Indonesia. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.