Dark/Light Mode

Dilema Perempuan Karier (1)

Apa Yang Salah? (1)

Sabtu, 12 Februari 2022 07:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Berbagai asumsi negatif bisa muncul terhadap orang-orang yang tidak bekerja. Dalam berbagai penelitian juga membuktikan bahwa secara psikologis, seseorang dalam usia proaktif akan mengalami inveriority complex syndrome, kehilangan rasa percaya diri; dan dari sudut agama, orang yang tidak beramal dianggap tidak sempurna keimanannya, karena hampir setiap perintah beriman dibarengi perintah beramal.

Baca juga : Islam Dan Kultur Maritim (2)

Setting sosial masyarakat modern kelihatannya sudah mulai menggeser teori sosial fungsional-struktaralisme, yang memberikan pembenaran pembagian kerja secara seksual, dimana ayah atau suami bertugas memenuhi kebutuhan fisik keluarga, sementara bukan sesuatu yang aib kalau ibu atau isteri bertugas mengurus persoalan kerumahtanggaan, seperti memelihara anak-anak dan urusan keluarga lainnya.

Baca juga : Islam Dan Kultur Maritim (1)

Ketika indikator pekerjaan diukur berdasarkan nilai produktifitas, dan produktifitas ditafsirkan berdasarkan income materi, dampaknya antara lain, setiap orang yang tidak menghasilkan nilai tambah (added value) maka dianggap tidak bekerja. [Bersambung]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.