Dark/Light Mode

Antara Halal Dan Kosher (2)

Minggu, 20 Maret 2022 06:35 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Dalam penerbangan internasional, perusahaan penerbangan seringkali menyediakan jenis hidangan produk halal untuk penumpang muslim dan produk kosher bagi para penumpang Yahudi. Mungkin karena Indonesia termasuk negara mayoritas muslim, sehingga sepertinya tidak dianggap penting menyuguhkan informasi jaminan produk halal seperti halnya di negara-negara minoritas muslim.

Namun, karena pasar global sudah tak terbendung, banyak sekali produk makanan dan minuman serta barang gunaan menyerbu pasaran tanah air yang berasal dari luar negeri. Bahkan produk itu sudah sampai ke pelosok desa. Maka sudah saatnya negeri ini segera memiliki kelengkapan UU Jaminan Produk Halal, demi melindungi warga terbesarnya yang beragama Islam.

Baca juga : Antara Halal Dan Kosher (1)

Demikian pula kelompok pemerhati produk kosher, juga melakukan hal yang sama. Di tempat-tempat yang umum sering dijumpai informasi secara gratis berbagai jenis produk yang tidak layak dikonsumsi oleh orang-orang Islam dan orang-orang Yahudi.

Dalam penerbangan internasional, perusahaan penerbangan seringkali menyediakan jenis hidangan produk halal untuk penumpang muslim dan produk kosher bagi para penumpang Yahudi.

Baca juga : Halalan Thayyibah

Mungkin karena Indonesia termasuk negara mayoritas muslim, sehingga sepertinya tidak dianggap penting menyuguhkan informasi jaminan produk halal seperti halnya di negara-negara minoritas muslim.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.