Dark/Light Mode

Taskhir (1)

Kamis, 10 Maret 2022 06:40 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Akhir-akhir ini, kita banyak menyaksikan tayangan yang memilukan hati di berbagai media sebagai akibat bencana, seperti banjir, longsor, kecelakaan lalu lintas di darat, di laut, dan di udara. Menarik untuk direnungkan, apa sesungguhnya yang salah di balik kejadian-kejadian itu?

Baca juga : Bid'ah (2)

Kalangan ilmuan menyesalkan kejadian demi kejadian itu sebagai akibat ulah manusia (human error). Manusia dianggap terlalu pongah dan egois dalam menjalankan fungsi kekhalifahannya di muka buki ini, hingga menyebabkan terjadinya disrupsi sosial.

Baca juga : Bid’ah (1)

Manusia sebagai khalifah diberi kemampuan untuk menundukkan (taskhir) alam semesta. Namun konsep taskhir yang diperankan manusia terlalu jauh melampaui batas, sehingga menimbulkan ketegangan antara manusia dan alam semesta. Manusia dinilai over masculine dalam mengelola alam semesta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.