Dark/Light Mode

Puasanya Begawan Ciptaning

Senin, 4 April 2022 06:20 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Prabu Niwata Kawaca adalah raja raksasa dari kerajaan Himahimataka. Raja bengis tersebut berniat melebarkan kekuasaannya ke Khayangan Jonggring Saloko. Niat jahat Niwata Kawaca tercium oleh para dewa. Para dewa kalang kabut mencari bantuan ke Arcapada untuk menumpas prajurit raksasa yang dipimpin oleh Patih Mamang Murka.

Bethara Guru sebagai rajanya para dewa tahu kalau di lereng gunung Indrakila ada seorang pertapa sakti. Untuk menguji kesaktian Begawan Ciptaning, Dewa Guru mengirim tujuh bidadari untuk menggodanya. Namun Begawan Ciptaning tidak bergeming dengan godaan dan tetap khusuk menjalankan bertapa dan puasa. Sampai Dewa Guru sendiri yang harus turun tangan menghampiri Ciptaning untuk meminta tolong mengusir Prabu Niwata Kawaca.

Baca juga : Kutukan Demang Sarka

Begawan Ciptaning bersedia membantu para dewa. Terjadilah pertempuran antara Ciptaning dan Niwata Kawaca. Akhirnya Ciptaning berhasil mengalahkan Prabu Niwata Kawaca dengan senjata panah Pasopati pemberian Dewa Guru. Begawan Ciptaning berubah wujud kembali menjadi Arjuna setelah berhasil mengalahkan musuh para dewa.

“Prabu Niwata Kawaca dan Mamang Murka haus jabatan, Mo,” sela Petruk, membuyarkan lamunan Romo Semar. “Betul, Tole. Niwata Kawaca akhirnya mati oleh panah Pasopati. Paso artinya binatang dan pati artinya mati. Nafsu binatang hanya bisa dikalahkan oleh laku tapa brata dengan keheningan hati,” jawab Semar, pendek.

Baca juga : Strategi 3W Puntodewa

Puasa merupakan bentuk lain dari kesalehan sosial yang dapat menentramkan dunia. Itulah hakikat laku puasa yang sebenarnya yaitu untuk mengendalikan hati dan pikiran. Sehingga segala ucapan dan tindakannya positif serta bermanfaat bagi orang lain. [Oye]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.