Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Puasanya Begawan Ciptaning

Senin, 4 April 2022 06:20 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Perbedaan kapan dimulainya puasa pada Ramadan tahun ini tidak bisa dihindari. Sebagian umat Islam mulai puasa pada Sabtu tanggal 2 April. Dan sebagian lagi pada hari Minggu. Bukan kali ini saja kita mengalami perbedaan puasa dan Lebaran. Justru perbedaan harus kita syukuri sebagai rahmatullah dalam toleransi beragama. Puasa bukan sekadar menahan lapar dan dahaga. Akan tetapi yang lebih penting adalah pengendalian hawa nafsu. Sehingga kita dapat mengelola hati dan pikiran dengan jernih.

Baca juga : Kutukan Demang Sarka

“Termasuk nafsu untuk menambah periode jabatan, Mo?” celetuk Petruk, cengengesan. Petruk punya alasan tersendiri menanyakan hal itu kepada Romo Semar. Jagad politik kita sedang gaduh dengan narasi penundaan pemilu dan periode jabatan presiden. Berbagai krisis sedang menerpa bangsa ini. Namun tidak menyurutkan agenda terselubung beberapa elite politik. Alih-alih bekerja keras untuk menurunkan harga BBM dan minyak goreng menjelang bulan puasa.

Baca juga : Strategi 3W Puntodewa

Romo Semar tidak serta merta mau menanggapi komentar anaknya Petruk tentang penambahan periode jabatan presiden. Semar sedang galau dengan masih langkanya minyak goreng. Antrean panjang BBM di berbagai SPBU menambah kekhawatiran Romo Semar. Romo Semar flashback ke zaman Arjuna bertapa di Gua Mintaraga dengan nama samaran Begawan Ciptaning.

Baca juga : Makna Kemping Parikesit

Kocap kacarito, Arjuna prihatin dengan semakin dekatnya perang Baratayuda. Untuk itu tanpa sepengatahuan saudaranya satria Pandawa, Arjuna pergi bertapa di Gua Mintaraga di lereng gunung Indrakilo. Maksud melakukan tapa brata selain meminta kemenangan Pandawa dalam perang Baratayuda melawan Kurawa, Arjuna ingin menumpas perilaku serakah Raja Himahimantaka yang ingin merebut tahta Khayangan tempat para dewa bersemayam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.