Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Belajar Optimis Dari Nabi Zakaria (2)

Kamis, 12 Mei 2022 06:40 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Maksudnya peran dunia besar sekali fungsinya untuk memperoleh akhirat yang lebih baik. Allah Swt pun mengajari kita doa yang bijak dalam Al-Qur’an: Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah waqina ‘adzabannar”. Inti doa ini kebahagian dunia dan kebahagiaan akhirat jangan dipertentangkan, karena itu mintalah kebahagiaan untuk kedua-duanya secara komprehensif.

Baca juga : Belajar Optimis Dari Nabi Zakaria (1)

Yang negatif ialah manakala pengharapan kita didominasi oleh makhluk Tuhan, bukannya Sang Khaliq. Misalnya, pengharapan seseorang kepada pangkat, harta, dan lawan jenisnya. Sayangnya, menurut Rasulullah, pengharapan seperti ini lebih dominan di dalam masyarakat, sebagaimana di dalam sabdanya: “Anak cucu Adam hingga beruban masih terhias dalam dirinya dua hal, yakni tamak dan panjang harapan” Dalam hadis lain dikatakan: “Sesungguhnya yang paling kukhawatirkan atas umatku adalah mengumbar hawa nafsu dan panjang harapan. Mengumbar hawa nafsu akan menutupi kebenaran dan panjang harapan akan melupakan akhirat.

Baca juga : Belajar Dari Burung Hud-hud (2)

Sudah selayaknya kita mawas diri dan mengontrol jalan pikiran kita, jangan sampai yang dominan di dalam diri kita ialah angan-angan duniawi kita yang lebih panjang, sehingga doa kita pun didekte oleh hawa nafsu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.