Dark/Light Mode

Menggapai Haji Mabrur (2)

Makna Spiritual Haji (2)

Kamis, 1 Agustus 2019 10:15 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Ini bukan berarti Baitullah ganda, tetapi kehadiran Baitullah secara spiritual dengan wujud ka’bah di dalamnya, seseorang bisa lebih khusyuk di dalam menunaikan ibadah shalat.

Betapa tidak, mereka bukan hanya menghadap ke arah Ka’bah tetapi secara spiritual imagination ia sudah bersimpuh di depan Ka’bah. Ia sudah merasakan perjumpaan spiritual (tawajjuh) dengan Ka’bah.

Baca juga : Makna Spiritual Haji (1)

Bahkan kalangan ahli hakekat, bukan hanya ber-tawajjuh dengan Ka’bah tetapi Sang Penghuni Ka’bah.

Bagaimana tidak menangis di dalam shalat di depan Ka’bah, karena ia begitu terharu menghadapkan berbagai lapis dirinya melakukan penyembahan, sebagaimana dilafazkan di dalam surah al-Fatihah: Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in. Sang Pemilik dan Penghuni Ka’bah tampil sebagai pihak kedua (Mukhathab), tidak lagi tampil sebagai pihak ketiga.

Baca juga : Peran Imam

Ayat itu tidak mengatakan: Iyyahu na’budu wa iyyahu nasta’in (Haya Dia yang kami sembah dan hanya Dia tempat kami memohon pertolongan). Suasana tawajjuh seperti ini sang hamba melakukan penyembahan (ta’abbud) dan Tuhan memberikan pertolongan (isti’anah).

Saat hamba melakukan ta’abbud, maka saat itu hamba mendaki (taraqqi). Ketika hamba melakukan taraqqi, maka pada saat bersamaan Tuhan turun (tanazul) untuk menjumpai hamba-Nya.

Baca juga : Islam Jalan Tengah

“Siapa mendekati-Ku sejengkal maka Aku akan mendekatinya sesiku. Siapa yang mendekatiku sesiku maka aku akan mendekatinya sedepah. Barangsiapa mendekatiku berjalan maka Aku akan mendekatinya berlari”, dan seterusnya.

Saat hamba melakukan tawajjuh maka antara pencinta dan dicintai saling merapat, lebih dekat dan lebih dekat lagi, seperti keadaan yang dilukiskan dengan kalimat indah di dalam ayat: Tsumma dana fa tadalla, fakana qaba qausaini au adna (Kemudian dia mendekat, lalu bertambah dekat lagi, maka jadilah dia dekat sejarak dua ujung busur panah atau lebih dekat (lagi). (QS. Al- Najm/53:8-9).***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.