Dark/Light Mode

Bima Ngunduh Mantu

Selasa, 13 Desember 2022 06:45 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Jauh sebelumnya, Gatotkaca dan Dewi Pregiwo merupakan pasangan serasi. Dan tinggal menunggu prosesi pernikahan antara kasatrian Jodipati dengan Madukoro. Namun tiba-tiba pernikahan keduanya dibatalkan sepihak oleh Arjuna. Sebagai orang tua pengantin putri, Arjuna punya hak menjodohkan anaknya dengan siapa pun.

Beberapa hari menjelang acara pernikahan antara Garotkaca dan Dewi Pregiwo. Arjuno kedatangan Durna yang merupakan utusan khusus Prabu Duryudana. Rupanya Duryudana meminta Durna untuk membatalkan perkawinan Gatotkaca dengan Dewi Pregiwo. Sebagai gantinya, Dewi Pregiwo bakal dikawinkan dengan Lesmana Mandrakumara. Sebagai kompensasi kepada Arjuna, Duyudana membatalkan perang Baratayuda. Karena antara Arjuna dan Duryudana sudah besanan.

Baca juga : Fenomena Demo Kertas Putih

Di sisi lain, Bima sebagai orang tua Gatotkaca merasa dipermalukan oleh Arjuna atas pembatalan sepihak tersebut. Bima tidak bisa menerima keputusan Arjuna dan minta pengadilan kepada Puntodewa. Saat Puntodewa bersidang, ada kabar bahwa Dewi Pregiwo diculik dan dibawa kabur. Pencuri yang berani masuk Madukoro tidak lain adalah Gatotkaca atas perintah Prabu Kresna.

“Jangan-jangan ide penundaan pemilu sama dengan niat Duryudana yang membenturkan Bima dan Arjuna Mo,” sela Petruk, membuyarkan lamunan Romo Semar. “Bisa saja terjadi, Tole.

Baca juga : Rambut Putih Pilihan Rahwana

Di zaman edan seperti sekarang ini banyak petualang politik yang mencari sensasi yang tidak bermutu. Karena selama ini mereka nirprestasi dan inovasi. Padahal yang namanya Pemilu merupakan ritual demokrasi sebagai pintu masuk percepatan pembangunan dan perbaikan tata hidup dalam bernegara,” tegas Romo Semar. Oye.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.