Dark/Light Mode

Rekonsolidasi Strategi Kebudayaan Nasional (17)

Antara Agama Negara, Negara Agama, Dan Negara Sekuler (1)

Kamis, 29 Desember 2022 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Atas dasar ini Hegel menyusun falsafah nasionalisme, dimana loyalitas seseorang adalah untuk negara nasional yang tersusun di atas kondisi obyektif suatu bangsa. Rasa nasionalisme lebih kuat dari rasa cinta kepada kemerdekaan.

Nasionalisme mengadopsi apa yang disebut dengan inner werkende Krafte, ‘kekuatan dalam’ yang bisa menggilas para penentangnya. Pola di­alektik Hegel lebih mengedepankan principle of negation, ketimbang principle of identity, yang mengedepankan titik temu di antara perbedaan yang ada.

Baca juga : Fungsi Agama Dan Kepercayaan Di Dalam NKRI

Celakanya kalau konsep negara dan nasionalisme semacam ini berhadapan langsung dengan Islam, agama yang secara khusus memiliki konsep syari’ah, hukum-hukum yang meng­atur mulai dari isi hati setiap orang sampai kepada masyarakat dan negara.

Ketegangan konseptual sulit dalam hal ini sulit di­hidari karena negara dan agama berkompetisi memperebutkan loyalitas indifidu dan masyarakat.

Baca juga : Keberadaan Agama Dan Kepercayaan

Pemandangan ini sebenarnya pernah terjadi di Indonesia, terutama dalam akhir paroh pertama rezim Orde Baru, ketika Pak Ali Murtopo tampil sebagai arsitek politik Soeharto.

Dalam masa ini, membicarakan eksistensi syari’ah bagaikan penuh dengan ranjau. Orang-orang harus ekstra hati-hati karena salah sedikit terjebak dalam perangkap isu SARA yang selalu dibayangi dengan akronim menakutkan, seperti subversif, fundamentalisme, komando jihad, ekstrim ka­nan, black list, dan berbagai ancaman lainnya dari Kopkamtib, suatu institusi yang mempunyai kewenangan besar untuk menangkap orang tanpa melalui proses hukum normal.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.