Dark/Light Mode

Rekonsolidasi Strategi Kebudayaan Nasional (33)

Membenahi Kurikulum

Minggu, 15 Januari 2023 06:09 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Tentu akan lebih baik jika kedua semangat di atas disinergikan. Satu sisi, kita mempersiapkan kurikulum yang lebih komprehensif, dengan memperhatikan pengembangan intelektual yang paralel dengan kekuatan moral dan rasa cinta tanah air.

Pada sisi lain, segenap peserta didik, termasuk pemerintah dan lingkungan keluarga dan masyarakat, mengambil bagian secara sungguhsungguh di dalam mewujudkan generasi baru ideal. Hal ini sesungguhnya sangat dimungkinkan karena semua pihak berkepentingan secara subyektif dan obyektif mewujudkan gagasan itu.

Baca juga : Menyiapkan Strategi Budaya Umat

Tidak satu pun anak menghendaki nasib buruk dan sudah pasti tak seorang pun orang tua yang rela menelantarkan masa depan anakanaknya. Tentu, saat bersamaan guru bercita-cita melahirkan anak didik yang peroduktif dan sudah pasti pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, mengobsesikan umat masa depan yang handal dan kompetitif.

Persoalannya ialah bagaimana menyinergikan kepentingan ideal para pihak tersebut. Saat ini memang sedang berlangsung penyempurnaan konsep kurikulum nasional dan diharapkan dalam tahun ini juga bisa dimplementasikan secara bertahap sesuai dengan tahapan perencanaan dan tentu saja dengan anggaran yang tersedia.

Baca juga : Mencermati Fenomena Desunninisasi Umat Islam Indonesia

Jika konsep kurikulum pendidikan kita bisa dituntaskan secepatnya kemudian diiringi dengan kemampuan guru dan kelengkapan sarana pendukung, maka itu artinya kita menyiapkan sesuatu yang amat mahal dan sangat tinggi nilainya untuk masa depan umat.

Kurikulum memang tidak akan pernah mungkin sempurna bagi sebuah bangsa besar seperti Indonesia, karena itu pembinaan kurikulum harus dianggap sebagai sesuatu yang on-going process, yang selalu terus disempurnakan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.