Dark/Light Mode

Renungan Spiritual Bulan Rajab (15)

Di Atas Langit Masih Ada Langit

Senin, 20 Februari 2023 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Doa adalah sahabat setia anak manusia. Orang yang malas berdoa pertanda kesombongan, seolah-olah mengandalkan keakuan dirinya dan mengecilkan kemahaagungan Penciptanya. Doa adalah pendidikan rohani. Dengan doa, keangkuhan di dalam diri dapat dikikis habis.

Dengan doa, kekecilan dan kehinaan diri dapat dirasakan. Dengan doa pula, kita melatih ketajaman nurani. Siapapun diri kita, apapun jabatan dan kapasitasnya, dan di mana pun kita berada, tidak selayaknya menepuk dada keangkuhan, sebab di atas langi masih ada langit.

Baca juga : Citra Positif Hawa Dalam Al-Qur`an

Pesawat semakin jauh melesat di sela-sela kemilau awan yang menerima pantulan sinar rembualan. Lima jam lebih pesawat melintasi waktu malam, ketika semua penumpang tersandar dari kepasrahan, seluruh lampu cabin dimatikan untuk memberi kenyamanan istirahat para penumpang. Sebagian di antaranya sudah mengeluarkan suara-suara tak beraturan dari tenggorokan tanpa disadari.

Penulis yang kebetulan duduk di sit 1A masih sempat menikmati pancaran sinar bulan purnama, birunya langit, sepinya awan malam, dan kerdipan bintang-bintang di langit.

Baca juga : Bid’ah Hasanah

Tasbih terus saja melingkar di jari tangan dan sesekali mengusap air mata kerinduan Ilahi yang membasahi pipi. Ya Allah, sungguh Maha Besar Kekuasaan-Mu dan betapa kerdilnya hamba-Mu. Ampunilah hamba-Mu yang hina ini dan terimalah hamba-Mu apapun adanya dirinya. Bimbinglah dan bantulah hamba-Mu di dalam menjalani sisa-sisa kehidupannya.

Pesawat terasa bagai Gua Hira, sesekali menghayalkan sebagai Bouraq yang menerbangkan kekasih-Nya ke langit puncak. Dalam suasana batin ini, penulis memanfaatkan untuk shalat sunnat tasbih sebagai wujud tanda rasa syukur akan kesyahduan malam itu.

Baca juga : Amar Ma’ruf

Ketika sedang asyik menikmati kebesaran Tuhan di bawah siraman cahaya rembulan di atas ketinggian 30.000 kaki, tiba-tiba lampu pesawat dinyalakan sebagai pertanda sebentar lagi akan mendarat di Bandara Kemal Attaturk, Istambul. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.