Dark/Light Mode

Renungan Spiritual Bulan Rajab (20)

Ka’bah Sebagai Pusat Gravitasi Spiritual

Sabtu, 25 Februari 2023 06:24 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Ka'bah adalah miniatur al-Dhurah yang dibangun di Baitul Ma’mur dan al-Daurah sendiri dianggap miniatur ‘Arasy, Istana Tuhan. Semenjak di Arasy, para malaikat selalu melakukan thawaf mengitari ‘Arasy sampai Allah SWT memindahkannya ke Baitul Ma’mur yang di dalamnya sudah dibangunkan al-Daurah.

Pemindahan ini terkait dengan “kelancangan” malaikat mempertanyakan kebijakan Allah SWT tentang rencana penciptaan manusia, sebagaimana diuraikan di dalam Q.S. A-Baqarah/2:30 dan seterusnya.

Baca juga : Misteri Kota Suci Mekkah

Setelah itu, Allah SWT menciptakan miniatur ‘Arasy bernama al-Dhurah di Baitul Ma’mur, kemudian para malaikat diminta melanjutkan thawafnya di tempat baru itu.

Di tempat ini pula adam dan Hawa bernah bergabung dengan malaikat melaksanakan thawaf. Setelah Adam dan Hawa membuat pelanggaran di surga, maka Allah SWT pun memimindahkan adam dan Hawa ke bumi dan di sana dibangunkan miniatur al-Dhurah bernama Ka’bah.

Baca juga : Di Balik Mesjid Aqsha

Di sinilah adam bersama anak cucunya melanjutkan tradisi thawaf itu, mengelilingi Ka’bah sebagai miniatur ‘Arasy.

Ibarat tusuk sate, dalam riwayat Israiliyat dijelaskan, Ka’bah dibangun persis dalam garis lurus ke bawah al Dhurah dan ‘Arasy. Dengan demikian, Ka’bah merupakan pusat gravitasi spiritual, karena semenjak azali sudah menjadi pusat thawaf oleh bangsa malaikat dan Jin.

Baca juga : Rahasia Di Balik Laut Mati

Sebagai pusat gravitasi spiritual, sudah barang tentu energi daya sedotnya sangat kuat. Itu bisa terasa bagi siapapun yang berada di dalam radius terdekat di Ka’bah, akan merasakan vibrasi amat kuat.

Meskipun tempatnya berdesak-desakan dengan manusia dari berbagai etnik, tetapi tidak pernah mengurangi kekhusyukan di dalam beribadah kepada Allah SWT. Terkadang tidak peduli orang lain, isak tangis dan deraian air mata keterharuan terhadap yang punya rumah, Allah SWT.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.