Dark/Light Mode

Renungan Spiritual Bulan Rajab (20)

Ka’bah Sebagai Pusat Gravitasi Spiritual

Sabtu, 25 Februari 2023 06:24 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Di halaman Ka’bah seolah merupakan kampung halaman spiritual kita. Di sana tidak ada etnik atau kewarganegaraan lain, semuanya sama-sama sebagai “keluarga” Allah SWT. Shalat di samping Ka’bah 100.000 lebih utama pahalanya di sisi Allah SWT dibanding di tempat lain di luar kota Mekkah dan Madinah.

Ka’bah merupakan bangunan berbentuk kubus yang terletak di tengah Masjid Haram, Mekkah. Bangunan ini adalah monumen suci bagi umat Islam. Ka’bah menjadi patokan arah kiblat bagi umat Islam di seluruh dunia.

Baca juga : Misteri Kota Suci Mekkah

ka’bah juga merupakan bangunan yang wajib dikunjungi pada saat musim haji dan umrah. Ka’bah berukuran 13,10 m tinggi dengan sisi 11,03 m x 12,62 m. Jika kita menggunakan GPS maka posisi Ka’bah terletak pada 21°25‘21.2“ Lintang utara, 039°49‘34.1“ Bujur Timur, dan Elevasi 304 meter (ASL).

Semula, bangunan Ka’bah terdiri atas dua pintu yang terletak di atas tanah. namun, ketika renovasi Ka'bah akibat bencana banjir pada saat Muhammad SAW berusia 30 tahun karena merenovasi Ka'bah sebagai bangunan suci harus menggunakan harta yang halal dan bersih, sehingga pada saat itu terjadi kekurangan biaya, maka daun pintunya hanya satu dan Hijir Ismail yang diberi tanda setengah lingkaran pada salah satu sisi Ka'bah tidak lagi dimasukkan ke dalam bangunan Ka’bah.

Baca juga : Di Balik Mesjid Aqsha

Karena itu, nabi pernah bersabda: "andaikata kaumku bukan baru saja meninggalkan kekafiran, akan Aku turunkan pintu Ka'bah dan dibuat dua pintunya serta dimasukkan Hijir Ismail ke dalam Ka'bah", sebagaimana pondasi yang dibangun oleh nabi Ibrahim.

Semula hanya suku Quraisy yang bisa memasuki Ka’bah, tetapi kemudian siapapun boleh masuk asal memperoleh izin penguasa. Sampai sekarang posisi Ka’bah tetap bersegi empat. Hijir Ismail tetap berada di luar. Namun, “siapa yang shalat di dalamnya sama dengan shalat di dalam Ka’bah”. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.