Dark/Light Mode

Renungan Spiritual Bulan Sya’ban (7)

Antara Khalwat Dan Meditasi

Selasa, 7 Maret 2023 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Khalwat dalam dunia tasawuf bagian dari upaya spiritual (mujahadah) untuk mendekatkan diri sedekatdekatnya kepada Allah SWT. Bedanya dengan meditasi ialah, khalwat bukan tujuan akhirnya untuk memperoleh ketengan jiwa atau batin seperti dalam dalam tradisi meditasi. Khalwat lebih merupakan media untuk memperoleh kedekatan diri dengan Sang Khaliq.

Pengamal khalwat tidak membebani dirinya untuk menggapai ketenangan jiwa. Boleh saja seseorang tidak memperoleh ketenangan jiwa tetapi sudah berhasil mengkhatamkan Al-Qur’an atau mengkondisikan diri sebagai ahli ibadah dan ahli dzikir selama beberapa saat. Ketenangan batin bukan merupakan tujuan akhir.

Baca juga : Antara Tahmid Dan Syukur

Yang menjadi tujuan akhir ialah kedekatan diri dengan Allah SWT (taqarrub ila Allah). Kalau sudah merasa lebih dekat dengan Allah SWT  biasanya ketenangan itu dengan sendirinya terwujud (ala bidzikrillah tathmainnul qulub), walaupun itu tidak menjadi tujuannya.

Seorang peserta meditasi merasa rugi kalau di dalam meditasinya gagal untuk mencapai ketenangan jiwa. Untuk meraih ketenangan jiwa seringkali peserta meditasi harus dilengkapi dengan berbagai alat dan sarana seperti musik musik meditasi dan sarana lain untuk mengeco pikiran (mind) agar tidak ikut terlibat di dalamnya.

Baca juga : Dari ‘Alim Ke ‘Arif

Instruktur meditasi seringkali mengeluarkan statmen bahwa di dalam menjalankan praktek meditasi peserta harus berada pada posisi ”no mind”. Sedangkan dalam khalwat kita diajak untuk bersahabat dan mencintai semua, termasuk pikiran. Walaupun disadari juga bawa khalwat atau mujahadah yang paling tinggi kualitasnya manakala kita berhasil menyinkir kan segalanya kecuali Tuhan, la ilaha illallah.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.