Dark/Light Mode

Renungan Spiritual Bulan Sya’ban (5)

Dari ‘Alim Ke ‘Arif

Minggu, 5 Maret 2023 06:12 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Penggunaan kata 'alim dan 'arif dalam bahasa Indonesia sering dipertukarkan. Seolah-olah kedua kata ini sinonim. Padahal,dalam perspektif tasawuf, keduanya amat berbeda. 'Alim dari akar kata 'alima- berarti mengetahui, mengerti.

Memang arti dasarnya mirip dengan kata'arafa-ya'rifu berarti memahami, mengetahui.Kalau sudah menjadi isimfa'il,'alim dan 'ariif sudah mulai dibedakan.'alim artinya orang yang mengetahui sesuatu dengan menggunakan kecerdasan logika. Sedangkan 'arif berarti orang yang memahami sesuatu dengan menggunakan kecerdasan batin/spiritual.

Baca juga : Dari al-Taibin Ke al-Tawwabin (4)

Umumnya,orang-orang 'arif itu 'alim tetap itidak semua orang 'alim itu'arif. Ada seorang ilmuan, bahkan professor tetapi penampilan dan akhlaknya seperti 'kurang ajar'. Sedangkan' arif, mungkin pendidikan formalnya tidak terlalu tinggi tetapi penampilan dan akhlaknya santun. Bahkan orang yang 'arif jalan pikirannya pun lurus, hatinya tulus dan bersih, tidak riya' dan tidak kasar.

Cara untuk menjadi 'alim bagi banyak orang tidak terlalu susah. Yang penting ada kesungguhan, punya biaya, dan rajin belajar, insya Allah pasti dapat. Orang yang mengenyam pendidikan di bangu sekolah atau bangku kuliah pasti dapat memperoleh ilmu.

Baca juga : Dari al-Taibin Ke al-Tawwabin (2)

Namun untuk meraih kearifan tidak cukup hanya dengan rajin belajar dan biaya yang cukup, tetapi lebih dari itu, harus senantiasa mendekatkan diri sedekat-dekatnya kepada Allah SWT, menjauhi larangan dan menaati perintahnya. Itupun belum tentu dapat, makanya diperlukan kesabaran, kepasrahan diri dan tawakkal yang kuat serta senantiasa berdoa agar mendapatkan berkah itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.