Dark/Light Mode

Renungan Spiritual Bulan Sya’ban (3)

Dari al-Taibin Ke al-Tawwabin (1)

Rabu, 1 Maret 2023 06:44 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Kata  al-Taibin dan al-Tawwabin (orang-orang yang bertobat) berasal dari akar kata tabayatubu artinya kembali, yaitu kembali ke jalan yang benar setelah menempuh jalan menyimpang.

Beberapa kata yang sinonim secara harfiah tetapi kemudian berbeda dalam peristilahan, seperti raja’a berarti kembali ke jalan atau ke tempat semula, seperti kata Tuhan: innalillahi wa inna ilaihi raji’un.

Baca juga : Antara Tahmid Dan Syukur

Kata radda yang kemudian membentuk kata murtad berarti ditolak, yakni setelah seseorang bermohon untuk kembali tetapi ditolak oleh perbuatannya sendiri.

Di sinilah letak perbedaan antara taubat dengan istifgar. Taubat menuntut tindak lanjut lebih jauh, sedangkan istigfar lebih merupakan ungkapan spontanitas seorang hamba yang baru saja menyadari kekhilafannya dengan mengucapkan kalimat istigfar, misalnya Astagfirullahal ’adhim. Sedangkan taubat lebih dari sekedar itu, menghendaki tindak lanjut yang boleh jadi amat berat dilaksanakan para pelakunya.

Baca juga : Dari Istigfar Ke Taubat

Secara terminologi, taubat biasa diartikan kembali dari sikap, perbuatan, dan perbuatan yang tercela menuju kepada yang terpuji. Al Taibin adalah betuk ism fa’il dari kata taba berarti orang-orang yang kembali menyadari kesalahannya den gan melakukan persyaratan taubat.

Dalam kitab Hadâiq al Haqâiq karya Muhammad bin Abi Bakar bin Abd Kadir Syamsuddin Al Razi (W. 660 H), disebutkan persyaratan taubat bukan sekedar mengucapkan kalimat istifar tetapi juga harus meninggalkan perbutan dosa dan maksiyat, mengganti perbuatan itu dengan perbuatan baik, menyesali diri dengan perbuatan dosa dan maksiyat itu, berikrar untuk tidak akan pernah mengulangi lagi perbuatan tercelah itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.