Dark/Light Mode

Membaca Ulang Al-Qur'an (10)

Makna Iqra’ Pertama

Sabtu, 1 April 2023 06:22 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Makna Iqra’ pertama ialah membaca fisik Al-Qur’an yang terdiri atas kumpulan huruf-huruf hijaiyah. Dalam tradisi Islam diidealkan setiap muslim atau muslimah dapat membaca Al-Qur’an.

Membaca Al-Qur’an, khususnya surah Al-Fatihah, merupakan suatu keharusan di dalam shalat. Dalam hadis disebutkan: La shalata illa bi fatihah al-kitab (Tidak ada shalat tanpa membaca surah al-Fatihah). Surah ini wajib dibaca di dalam shalat lima waktu dalam setiap rakaat.

Baca juga : Rahasia Pengulangan Iqra'

Iqra’ pertama penekanannya masih lebih kepada kesadaran sensorial, yaitu membaca huruf demi huruf dan kata demi kata Al-Qur’an.

Membaca Al-Qur’an diyakini mendapatkan pahala bagi para pembacanya meskipun belum tahu artinya. Dalam bulan suci Ramadan, para pembaca Al-Qur’an akan diberikan bonus 10 pahala setiap huruf.

Baca juga : Memahami Makna Esoterik Al-Qur’an

Dalam bulan suci Ramadan umat Islam ramai sekali melakukan tadarrusan, khataman, dan tahfiz Al-Qur’an. Iqra’ pertama masih disebut kesadaran sensorial karena masih fokus kepada kemahiran bagaimana membaca Al-Qur’an (how to reading the Qur’an).

Meskipun tidak difahami arti dan maksudnya, perintah membaca Al-Qur’an sudah menyentak masyarakat saat itu yang masih pada umumnya buta huruf. Seperti kita tahu bahwa zaman itu masih sering disebut sebagai zaman Jahiliyah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.