Dark/Light Mode

Membaca Ulang Al-Qur'an (10)

Makna Iqra’ Pertama

Sabtu, 1 April 2023 06:22 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Disebut zaman Jahiliyah karena membicarakan nilai-nilai kebenaran masih tetap domain-nya gereja yang berkolaborasi dengan Kaisar atau Raja. Seseorang sangat hati-hati membaca saat itu karena salah sedikit nyawanya bisa melayang jika temuannya terbukti bertentangan atau tidak sejalan dengan pendapat gereja. Di samping itu, Prof Hull juga menyatakan sengitnya pertentangan antara agama dan ilmu pengetahuan.

Lesunya tradisi intelektual dunia saat lahirnya Nabi Muhammad SAW sangat memprihatinkan. Menurut Prof Hull, setiap enam abad perjalanan anak manusia selalu terjadi pergumulan antara ilmu pengetahuan dan agama. Abad VI SM sampai abad 1 M ditandai dengan kemenangan ilmu pengetahuan dan tenggelamnya agama.

Baca juga : Rahasia Pengulangan Iqra'

Dalam periode ini ditandai dengan lahirnya tokoh-tokoh filsafat Yunani yang amat tersohor seperti Tales, Pytagoras, Aristoteles, Plato, dan lain-lain. Periode kedua, abad 1M-VIM kemenangan agama dan tenggelamnya ilmu pengetahuan. Periode ini ditandai dengan merosotnya pengaruh dan popularitas filosof/ilmuan dan menguatnya peran penguasa yang berkoalisi dengan pemimpin gereja.

Periode ini, orang-orang tidak berani berfikir dan mengkaji ilmu pengetahuan, karena bisa saja berarti malapetaka baginya, terutama jika teori dan hasil pemikirannya berbeda, apalagi bertentangan dengan pendapat istana dan gereja. Akibatnya muncullah zaman kegelapan dan kebodohan (jahiliyyah).

Baca juga : Memahami Makna Esoterik Al-Qur’an

Periode jahiliyah inilah yang menjadi background lahirnya agama Islam. Dari sini dapat difahami mengapa Iqra’menjadi starting point ajaran Islam.

Periode ketiga, bersandingnya agama dan ilmu pengetahuan. Periode ini diawali dengan lahirnya Nabi Muhammad (abad VI M) sampai abad kebangkitan Eropa (abad XIII M). Periode ini diawali dengan abad kegelapan Kristen Eropa sebagai akibat dominannya Raja yang mengambil alih otoritas gereja.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.