Dark/Light Mode

Membaca Ulang Al-Qur'an (14):

Makna Iqra’ Keempat (2)

Selasa, 4 April 2023 06:22 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Memahami Iqra’ keempat perlu kesadaran dan kecerdasan ekstra. Iqra' ketiga saja yang masih dalam lingkup internal manusia begitu sulit diwujudkan, apalagi Iqra' keempat, faktor utamanya tergantung dari luar diri manusia.

Persyaratan mutlak yang harus dimiliki para murid yang hendak mengakses Iqra' keempat ialah kebersihan dan kesucian lahir batin. Ada berbagai ayat yang mengisyaratkan hal ini, antara lain:

Baca juga : Makna Iqra’ Keempat (1)

"Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul di antara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan menyucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al Kitab dan Al-Hikmah (As Sunah), serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui". (Q.S. Al-Baqarah/2:151). Dalam ayat ini jelas ditegaskan sebelum melakukan proses belajar-mengajar (ta'lim) terlebih dahulu dilakukan penucian diri (tadzkiyah).

Bahkan di penghujung ayat ini menjanjikan sang murid akan mendapatkan pengetahuan apa-apa yang orang lain tidak bisa mengetahuinya.

Baca juga : Makna Iqra’ Ketiga

Dalam ayat lain lebih ditegaskan bahwa siapapun yang akan mengakses ilmu tingkat tinggi itu harus betul-betul dalam keadaan suci dan bersih, sebagaimana ditegaskan: La yamassahu illa al-muthahharun (Tidak menyentuhnya kecuali hamba-hamba yang disucikan (Q.S. Al-Waqi’ah/56:79).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.