Dark/Light Mode

Membaca Ulang Al-Qur'an (15)

Berbagai Perspektif Pemahaman Al-Qur’an

Rabu, 5 April 2023 06:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Memahami Al-Qur’an bisa kita lakukan dengan berbagai perspektif. Bisa dibaca dalam perspektif inderawi, yaitu membaca dengan hanya melibatkan mata, membaca huruf demi huruf Al-Qur’an. Orang-orang pun sekarang bisa menikmati bacaan Al-Qur’an dengan hadirnya teknologi recorder suara-suara pembaca (Qari’) dari berbagai jenis bacaan (qiraah), termasuk tunanetra pun bisa membaca melalui Al-Qur’an Brille.

Walaupun pembacaan Al-Qur’an secara inderawi adalah lebih pasif tetapi orang-orang bisa merasakan getaran vibrasi kesucian bahasa Al-Qur’an dengan membaca atau mendengarnya, betapapun ia tidak memahami artinya.

Baca juga : Makna Iqra’ Keempat (2)

Al-Qur’an juga bisa dibaca dalam perspektif rasional-akademik, yaitu membaca dengan kritis, apa, bagaimana, di mana, untuk apa, dan kepada siapa, serta konteks ayat-ayat itu diturunkan.

Sang pembaca kritis tidak akan lewatkan setiap ayat tanpa memahami makna filosofis dan logika yang terkandung di dalam ayat-ayat yang dibaca. Dari sini asal-usul kitab tafsir terwujud, yaitu mengabadikan pengalaman intelektual seseorang setelah membaca satu atau sekelompok ayat.

Baca juga : Makna Iqra’ Keempat (1)

Al-Qur’an juga dapat dibaca dalam perspektif emotional heart, yaitu membaca dengan melibatkan emosi pembacanya ketika membaca ayat-ayat tertentu di dalam Al-Qur’an.

Ia terkadang meneteskan air mata ketika membaca sejumlah ayat yang mengisahkan pengalaman pahit yang harus ditempuh Nabi ketika menjalankan misinya. Ia juga tersugesti atau termotivasi ketika membaca ayat-ayat jihad, dimana ada kelompok yang tega menghianati sebuah keluhuran niat seseorang hamba Tuhan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.