Dark/Light Mode

Membaca Ulang Al-Quran (30) Memahami Makna Hakikat Basmalah (7)

Frekuensi Pengulangan Rahman Dan Rahim

Jumat, 28 April 2023 07:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Kalangan ulama tafsir berpendapat rahmat rahmaniyyah hanya bisa dirasakan di dunia, itu pun kadang waktunya sangat singkat.

Sedangkan rahmat rahimiyyah-Nya diperoleh secara permanen, bukan hanya selama berada di dunia tetapi juga sampai di akhirat kelak.

Baca juga : Allah, Rab, Ilah, dan Asma’ al-Husna (2)

Kekayaan dan berbagai properti yang dimiliki sesaat menjadi pertanda itu hanya rahmat rahmaniyyah.

Sedangkan kekayaan dan properti, termasuk rasa tenang, bahagia, dan damai, yang bersifat permanen itulah yang disebut rahmat rahimiyyah.

Baca juga : Memahami Makna dan Hakekat Basmalah (5), Allah, Rab, Ilah, dan Asma’ al-Husna (1)

Pesan dari perbedaan makna dua kata dari satu akar kata jadian ialah, mari kita meng-upgrade atau mengangkat status rahmat rahmaniyah kita menjadi rahmat rahimiyyah. Isteri atau suami dan anak-anak kita bukan hanya menemani kita di dunia tetapi juga langgeng sampai di akhirat.

Demikian pula berbagai bentuk kebahagiaan, ketenangan, dan kedamaian akan menjadi langgeng manakala kita pintar menyiasati kehidupan.

Baca juga : Memahami Makna dan Hakekat Basmalah (4), Antara Bismillah dan Bismi Rabbik (2)

Resepnya secara sederhana, ikuti perintah dan jauhi larangan niscaya rahmat rahimiyyah akan menjadi rahmat rahimiyyah.

Semoga kita semua, baik sebagai pribadi, keluarga, maupun sebagai bangsa atau negara, kita dapat melakukan peningkatan status berbagai rahmat yang kita peroleh menjadi rahmat rahimiyyah. Amin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.