Dark/Light Mode

Hakikat Silaturahmi (2)

Halal Bihalal

Minggu, 30 April 2023 05:36 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu produk budaya Islam lokal Indonesia ialah halal bihalal. Ungkapan halal bihalal adalah istilah bahasa Arab yang tidak dipahami orang-orang Arab.

Halal bihalal memang bukan ungkapan bahasa Arab normal. Kata tersebut berasal dari akar kata halla-yahillu, berarti singgah, memecahkan, melepaskan, menguraikan, mengampuni.

Halal bihalal kini menjadi istilah lain dari silaturahmi. Beda antara keduanya ialah halal bihalal hanya digunakan untuk mengiringi kepergian bulan suci Ramadhan.

Baca juga : Makna Esoterik Silaturrahim

Sedangkan silaturahmi, berlaku secara universal, menerobas batas waktu dan tempat.

Asal-usul Halal bihalal ini bermula ketika anak-anak muda masjid kauman Yogyakarta kebingungan mencari tema untuk mewadahi dua momen istimewa.

Satu, perayaan Idul Fitri sebagai wujud kemerdekaan spiritual. Satu lagi, Proklamasi Kemerdekaan RI.

Baca juga : Allah, Rab, Ilah, dan Asma’ al-Husna (2)

Seperti diketahui, proklamasi Kemerdekaan RI bertepatan dengan sayyidul ayyam: Jum’at dan sayyidus syahr: Ramadhan. Bagaimana supaya kedua peristiwa ini terangkum menjadi satu, lalu diadakanlah sayembara kecil-kecilan untuk menemukan tema yang akan ditulis di dalam spanduk.

Saat itu, muncul berbagai kreasi untuk memaknai suasana batin Idul Fitri. Salah seorang seniman mengusung tema Halal bihalal, yang intinya saling memaafkan, saling merelakan, dan saling menghalalkan.

Warga yang pernah dikucilkan masyarakat karena terlibat mata-mata Belanda atau penghianat bangsa, diserukan untuk dimaafkan.

Baca juga : Memahami Makna dan Hakekat Basmalah (5), Allah, Rab, Ilah, dan Asma’ al-Husna (1)

Momentum Idul Fitri digunakan untuk menggalang persatuan dan kesatuan dalam mengisi kemerdekaan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.