Dark/Light Mode

Hakikat Silaturahmi (7)

Bersilaturahmi Dengan Orang Yang Sudah Wafat

Sabtu, 6 Mei 2023 06:04 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Mimpi berjumpa Rasulullah memiliki banyak bentuk. Mulai dari melihat anggota badan Rasulullah SAW secara samar-samar, sampai menjumpainya secara utuh, bahkan berkomunikasi (batin) dengannya.

Mimpi berjumpa dengan Rasulullah merupakan kenikmatan tersendiri. Dalam biografi para wali, Jami’ Karamat al-Auliya’ (dua jilid) karya Yusuf Ismail Nabhani, di antara 549 wali, ada banyak di antaranya disebutkan pernah dan sering berjumpa dengan Rasulullah SAW.

Imam Al-Gazali (1058-1111 M) mempunyai pengalaman ketika ditanya salah seorang muridnya, kenapa engkau sering mengutip hadis-hadis Ahad (tidak populer) di dalam kitab Ihya’ ‘Ulumud Din.

Baca juga : Ukhuwah Islamiyah

Lalu ia menjawab, "saya tidak pernah menulis satu hadis di dalam buku ini sebelum saya konfirmasikan kepada Rasulullah".

Padahal, Rasulullah wafat tahun 632 M dan Al-Gazali wafat tahun 1111 M, selisih 479 tahun.

Kitab Ihya’ ‘Ulumud Din karya agung Imam Al-Gazali yang ditulis di puncak menara masjid Damaskus. Kejadian lain, Ibn ‘Arabi (1165-1240 M), seorang sufi besar, ditanya seorang muridnya prihal bukunya, Fushush al-Hikam, yang dirasakan seperti ada misteri.

Baca juga : Ukhuwah Imaniyah

Kata muridnya, setiap kali membaca buku ini, setiap itu pula dia mendapatkan sesuatu yang baru.

Lalu dijawab, buku itu memang pemberian Rasulullah langsung kepadanya, bahkan judul bukunya pun dari Rasulullah (khudz hadza kitab Fushuhsh al-Hikam).

Padahal, selisih masa hidup Rasulullah dan Ibn ‘Arabi terpaut 608 tahun.

Baca juga : Ukhuwah Wathaniyah

Tentu bukan hanya Rasulullah SAW, orang-orang tertentu pun, termasuk kedua orangtua kandung kita, guru-guru spiritual kita, dan keluarga dekat kita lainnya bisa diberikan kemudahan Allah SWT untuk berkomunikasi dengan mereka.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.