Dark/Light Mode

Hakikat Silaturahmi (13)

Bersilaturahmi Dengan Makhluk Spiritual

Jumat, 12 Mei 2023 05:55 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu bentuk silaturahmi yang diperkenalkan dalam Islam ialah bersilaturahmi dengan makhluk spiritual.

Yang dimaksud makhluk spiritual di sini ialah makhluk yang memiliki alamnya sendiri, seperti malaikat, jin, dan arwah leluhur.

Bukan rahasia lagi, Rasulullah aktif menjalin hubungan silaturrahim dengan makhluk-makhluk spiritual. Seperti, para malaikat, jin, dan arwah kalangan pendahulunya.

Jibril yang dikenal sebagai panglima para malaikat hampir setiap hari menjumpai Nabi.

Baca juga : Bersilaturahmi Dengan Binatang

Dihitung saja, berapa kali ayat turun, sebanyak itu pula minimum malaikat menjumpai Nabi.

Malaikat maut yang dikenal juga dengan nama Israfil, tidak tega mencabut nyawa sahabatnya.

Israfil mengadu, sebagaimana diuraikan panjang lebar di dalam bagian terakhir kitab Ihya ’Ulumddin, bolak-balik mengadu ke Jibril. Bagaimana mungkin saya tega mencabut nyawa kekasihku. Jibril memerintahkan Israfil agar melaksanakan perintah Tuhan.

Israfil kemudian mencabut nyawa Nabi dengan sangat pelan-pelan sebagaimana disebutkan dalam riwayat yang dikutip di dalam kitab Ihya’ ’Ulum al-Din karya Imam Al-Gazali.

Baca juga : Bersilaturahmi Dengan Burung

Rasulullah dalam banyak riwayat sering berhubungan dengan jin. Bahkan Rasulullah diriwayatkan pernah mempunyai jin peliharaan sebagaimana disebutkan di dalam beberapa hadis.

Nabi juga disenangi oleh sejumlah jin. Ketika Nabi bepergian kalangan jin juga ikut menyertainya.

Mereka ikut menjadi makmun ketika Nabi memimpin shalat. Kalangan jin juga bersedih ketika Nabi wafat.

Demikian pula dengan para arwah, roh-roh leluhur, Nabi diberi kemampuan untuk berkomunikasi dengan mereka.

Baca juga : Bersilaturahmi Dengan Air

Ketika Nabi melakukan Isra’-Mi’raj, sebelum Nabi ke Baitul Maqdis, Nabi terlebih dahulu didaulat untuk memimpin shalat yang makmumnya para Nabi yang pernah hidup sebelumnya.

Mereka aktif berkomunikasi dengan arwah mereka. Bahkan beberapa arwah di antara mereka memohon untuk dihidupkan kembali menjadi umat Nabi Muhammad SAW, dengan tidak membawa ajaran agama yang pernah dibawanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.