Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (3)

Alur Berfikir Mitos

Sabtu, 16 September 2023 05:56 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekali lagi, yang dimaksud “mitos“ (mythos) di sini bukan arti popular yang berkembang dalam Bahasa Indonesia, se­suatu yang bersifat tidak ­realistis dan cenderung negatif.

Yang dimaksud mitos di sini ialah cara pandang terhadap sesuatu yang menggunakan perspektif spiritual, sisi lain dari cara berfikir logos, sebagaimana akan diuraikan tersendiri.

Baca juga : Antara Logos Dan Mitos (2)

Mitos adalah cara berfikir melintasi waktu dan tempat tertentu. Mitos melihat ke bela­kang, kembali ke asal mula kehidupan dan kebu­dayaan, serta melihat ke dalam, ketingkat paling dasar dari pengalaman manusia, dan membayang­kan ke depan yang tanpa batas waktu dan tempat.

Mitos berkenaan dengan makna, bukan hal-hal praktis. Manusia adalah makhluk pencari ­makna. Jika hidup kita hampa dari makna, maka kita mudah jatuh ke tahap ke­putusasaan. Mitos yang mengantarkan manusia kepada kebenaran-kebenaran luhur dan dalam, memberi arti kepada hidup yang fana dan rentan ­dengan mengarahkan perhatian ­mereka kepada apa yang abadi dan universal.

Baca juga : Antara Logos dan Mitos (1)

Mitos merupakan peristiwa yang, dalam pengertian tertentu, telah terjadi suatu kali di masa lampau, tapi juga terjadi di sepanjang waktu. Mitos membantu kita menangkap sekilas inti realitas yang stabil dan permanen. Mitos juga berakar pada apa yang kita sebut pikiran alam bawah sadar.

Mitos merupakan warisan psikologis masa lampau, yang terkadang memang tidak bisa disampaikan melalui bukti rasional atau didekati dengan pendekatan akademis, karena wawasannya bersifat intuitif, mirip seni dan puisi. Lebih jauh lagi, mitos menjadi rea­litas hanya jika diwujudkan dalam ritual dan upacara, memungkinkan orang untuk ­memahami arus kehidupan yang lebih dalam. Dari sinilah jalan pikiran mitos sangat berbeda dengan jalan pikiran logos.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.