Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (50)

Semua Benda Mempunyai Emosi: Ikan (2)

Sabtu, 4 November 2023 05:50 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikan sebagai bagian dari alam maka ia juga mempunyai emosi seperti halnya makhluk lainnya. Dalam artikel terdahulu dijelaskan bagaimana agama-agama lain seperti agama Yahudi, Nashrani dan agama Hindu, masing-masing menyerukan umat manusia untuk menyayangi makhluk lain termasuk ikan. Bahkan agama hindu salahsatu Dewa (Avatar) ialah mengambil bentuk jenis ikan. Ikan inilah nanti yang akan menjadi dewa penyelamat terhadap berbagai  malapetaka.

Ini tidak ber­arti agama-agama sebagaimana ­disebutkan tadi melarang hambanya untuk makan ikan. Bagaimanapun ikan salahsatu jenis protein yang diperlukan dalam tubuh.

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Ikan (1)

Ikan salahsatu jenis ­makhluk yang sangat respek terhadap anak manusia. Lihatlah ­aquarium, dipenuhi ikan-ikan hias yang sangat jinak. Ia memahami bahasa tuannya, bahkan menjadi penyelamat manusia di dalam laut bebas, sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an:

“Maka ia (Yunus) ditelan oleh ikan besar dalam keadaan tercela. Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit”. (Q.S. al-Shaffat/37:143-144).

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Lebah Madu

Pelajaran penting yang dapat dipetik dari kisah ini ialah orang-orang yang mencintai Tuhan sepenuh hati lalu menyerahkan diri secara penuh kepada-Nya, maka seluruh makhluk Tuhan ikut menyayanginya. Itulah yang terjadi pada diri Nabi Yunus. Ia diperebutkan oleh ikan-ikan ganas di laut, bukan untuk disakiti tetapi untuk diselamatkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.