Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (48)

Semua Benda Mempunyai Emosi: Lebah Madu

Kamis, 2 November 2023 01:03 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Lebah adalah salahsatu jenis serangga yang diabaikan menjadi salahsatu nama surah dalam Al-Qur’an. Di dalam surah ini dijelaskan bahwa: “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia”. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan”. (Q.S. al-Nahl/16:68-69).

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Serangga

Lebah (al-nahl) adalah serangga unik yang secara ekslusif diungkapkan di dalam Al-Qur’an sebagai serangga yang membawa banyak keberuntungan ­kepada umat manusia. Lebah menghasilkan madu (‘asal) yang dikatakan ­Rasulullah dalam hadisnya: “Madu dapat mengobati berbagai jenis penyakit”.

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Binatang

Sebuah disertasi yang meng­ambil penelitian tentang ­lebah madu yang dihubungkan ­dengan ayat Al-Qurán surah al-Nahl, ditulis oleh Prof. Dr. Andi Mappatoba, guru besar Universitas Hasanuddin Makassar, mengungkapkan bahwa lebah memilki banyak keunikan. Lebah memiliki tiga struktur komunitas, yaitu komunitas pekerja yang mencari ­madu ke berbagai kembang, komunitas pengamanan ratu yang tugasnya hanya mengerumun di sarang ­untuk mengamankan ratu dan madu dalam sarang, dan ratunya sendiri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.