Dark/Light Mode

Merawat Kemabruran Puasa (4)

Hidup Ini Adalah Seni

Senin, 6 Mei 2024 06:04 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Hidup sistematis dan teratur tidak berarti memasang jerat-jerat dalam kehidupan yang menghalangi kemerdekaan dan kebebasan hidup. Ala bisa kare­na biasa, kita perlu menunmbuh­kan sikap dan karakter yang sekaligus modal dasar di dalam menjalani kehidupan ini. Jika tatanan hidup sudah menjadi karakter maka akan terasa mu­dah menjalani kehidupan ini. Meskipun orang lain mungkin prihatin dengan ketatnya pola kehidupan yang dipilih tetapi yang bersangkutan merasakan kenyamanan dengan pola itu. Bahkan ia akan merasakan hidup ini simpel dan ringan karena ideologi hidupnya sudah menjadi karakter yang melekat di dalam dirinya.

Baca juga : Mengontrol Social Saving

Bagi orang yang beriman, hidupnya akan terasa lebih mu­dah dan simpel, karena segalan­ya ia serahkan kepada Tuhan setelah ia melakukan usahanya secara professional. Kata iman itu sendiri seakar kata dengan aman (merasa aman), amanah (bertanggung jawab), mu’min (orang yang komitmen memeli­hara kepercayaan). Orang yang beriman tidak akan merasa kecewa karena percaya akan adanya takdir. Setelah ia beru­saha sedemikian rupa tetapi hasilnya tidak seperti yang diharapkan, ia ditenangkan oleh sebuah keyakinan bahwa ma­nusia yang berusaha dan Tuhan Yang Maha Menentukan, sesuai dengan firman Allah: Kemudian apabila kamu telah membulat­kan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya. (Q.S. Ali Imran/3:159).

Baca juga : Dimulai Dengan Niat Yang luhur

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 5, edisi Senin, 06 Mei 2024 dengan judul "Merawat Kemabruran Puasa (4), Hidup Ini Adalah Seni"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.