Dark/Light Mode

Merawat Kemabruran Puasa (6)

Menjauhi Ujaran Kebencian (Hate Speech)

Jumat, 10 Mei 2024 06:20 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Dalam bahasa agam, HS memiliki beberapa padanan. Di antaranya yang paling dekat ialah hasud. Hasud dalam bahasa Arab berarti menghasut, memprovokasi orang lain agar ikut membenci musuhnya. Orang itu akan merasa puas saat melihat musuhnya terkapar dan tidak berdaya. Perbuatan hasud sangat tercela dalam Islam dan mungkin juga semua agama.

Baca juga : Mencintai Dialog

Dalam Al-Qur’an Allah mengajarkan dua perlindungan terhadap orang-orang hasad: Wa minsyarri hasidin idza hasad (dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki/Q.S.al-Falaq/113:5). Dalam Hadis Nabi menyatakan kebencian terhadap para penghasud dengan mengatakan: “sesungguhnya hasad itu memakan kebaikan sep­erti mana api memakan kayu bakar”. Ketika Nabi melewati kuburan Baqi di Madina, ia tiba-tiba berhenti di atas dua makam baru. Ditanya oleh sahabat kenapa berhentiu di sini? Nabi menjawab, kasihan kedua orang ini merintah kesakitan karennna disiksa dikuburannya. Yang pertama disiksa karena tidak bersih ketika ia membuang kotoran dan yang kedua disiksa karena suka membikin onar di dalam masyarakat (provokator).

Baca juga : Berorientasi Husnul Khatimah

Al-Qur’an menunjukkan pemandan­gan berharga, bagaimana Raja Fir’aun hancur karena selkalu melancarkan ungkapan kebencian (hate speech) kepada Nabi Musa. Al-Qur’an juga selalu mengingatkan kita agar tidak begitu mudah membenci oranglain: Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. (Q.S. Al-Maidah/5:8). Dalam ayat lain dite­gaskan: Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu meng­gunjing sebahagian yang lain. (Q.S. Al-Hujurat/49:12). Tegasnya, jika kita akan meraih ketenangan dan keberun­tungan jauhi HS, khususnya RHS.

Baca juga : Hidup Ini Adalah Seni

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 5, edisi Jumat, 10 Mei 2024 dengan judul "Merawat Kemabruran Puasa (6) Menjauhi Ujaran Kebencian (Hate Speech)"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.