Dark/Light Mode

Teosofi Haji Dan Umrah (4)

Iblis Dan Malaikat Penguji Iman

Sabtu, 18 Mei 2024 05:45 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Allah SWT Maha Baik. Tidak mungkin ada sesuatu yang buruk lahir dari Yang Maha Baik. Hanya mungkin kita tidak memahami apa hikmah di balik kekecewaan yang kita alami. “Demam sehari akan menghapus dosa selama setahun”, demikian hadis Nabi yang dikutip di dalam kitab Ihya’ Ulum al-Din oleh Imam Al-Gazali. “Tidak muncul suatu musibah walau seperti duri yang menusuk kaki, melainkan berfungsi sebagai penghapus dosa masa lampau” (Hadis). Dengan demikian, keberadaan iblis dan malaikan berfungsi untuk menguji sekaligus untuk meneguhkan keimanan kita kepada Allah SWT. “Yang halal itu jelas dan yang haram itu pun jelas” (Hadis). Tugas kita sebagai manusia bagaimana memilih yang baik dan meninggalkan yang baik (amar ma’ruf nahi munkar).

Baca juga : Perbedaan Antara `Alin dan Istikbar

Tanpa kehadiran iblis maka sulit menemukan Fir’aun dan semacamnya. Tanpa malaikat maka sulit menemukan Nabi dan para pengikutnya. Dengan demikian, keberadaan iblis dan malaikat sesungguhnya untuk pembelajaran bagi manusia itu sendiri untuk meraih ketinggian martabat di sisi Allah SWT. Tidak perlu kita menyesali keberadaan iblis dan hanya mensyukuri kehadiran malaikat. Bagi Allah SWT, iblis dan malaikat adalah bagian dari rencana besar Allah SWT untuk lebih memanusiakan manusia.

Baca juga : Prediksi Malaikat Benar

Kehadiran iblis untuk menguji kadar keimanan seoarang anak manusia. Untuk itu kita perlu sadar bahwa di mana ada ujian di situ ada kenaikan kelas. Mari kita melulusi semua ujian yang ada untuk menebus surga yang menunggu di akhirat, insya Allah.

Baca juga : Bermula Dari Interupsi Malaikat

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 5, edisi Sabtu, 18 Mei 2024 dengan judul "Teosofi Haji Dan Umrah (4), Iblis Dan Malaikat Penguji Iman"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.