Dark/Light Mode

Teosofi Haji Dan Umrah (5)

Haji Sebagai Drama Kosmos

Minggu, 19 Mei 2024 06:16 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Setelah itu, Adam dan Hawa ternyata tidak sabaran menahan diri untuk tidak mendekati pohon khuldi yang sebelumnya telah dilarang Allah SWT. Bahkan Adam dan Hawa bukan saja mendekati tetapi memakan buah pohon tersebut, yang menyebabkannya terusir dari langit surga turun ke bumi penderitaan. Manusia bisa Kembali lagi ke kampung halaman utamanya di surga manakala sudah tahu jalan kembalinya. Di sinilah peranan ibadah haji, merupakan sa­lahsatu sarana untuk menemukan ja­lan pintas menuju Tuhan melalui road map dan tatacara mendekati-Nya.

Baca juga : Iblis Dan Malaikat Penguji Iman

Ketika Adam dan Hawa jatuh ke bumi, keduanya amat memperiha­tinkan. Mereka tanpa pakaian dan terpaksa hanya menutupi auratnya dengan dedaunan, sebagaimana din­yatakan dalam ayat: maka setan mem­bujuk keduanya (untuk memakan buah itu) dengan tipu daya. Tatkala keduanya telah merasai buah kayu itu, nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga. Kemudian Tuhan mereka menyeru mereka: “Bukankah Aku telah melarang kamu berdua dari pohon kayu itu dan Aku katakan kepadamu: “Sesungguhnya setan itu adalah mu­suh yang nyata bagi kamu berdua?”. (Q.S. Al-A’raf/7:22).

Baca juga : Perbedaan Antara `Alin dan Istikbar

Permintaan pertama Nabi Adam dan Hawa di bumi bukan pak­aian, makanan, dan minuman, tetapi minta dibuatkan rumah pertobatan, sebagaimana bangunan di dalam Baitul Makmur. Akhirnya Tuhan memerintahkan malaikat membangunkan Ka’bah, miniaur ‘Arasy di bumi, sebagaimana dinyatakan dalam ayat: Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petun­juk bagi semua manusia. (Q.S. Ali ‘Imran/3:96). Bersambung

Baca juga : Prediksi Malaikat Benar

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 5, edisi Minggu, 19 Mei 2024 dengan judul "Teosofi Haji Dan Umrah (5) Haji Sebagai Drama Kosmos"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.