Dark/Light Mode

Teosofi Haji Dan Umrah (15)

Di Bawah Lindungan Ka’bah

Minggu, 2 Juni 2024 05:55 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Melalui kisah Hamid dan Zainab, Hamka menyampaikan pesan tentang pentingnya keikhlasan, kesabaran, dan keteguhan dalam menghadapi cobaan hidup. Novel ini juga mengajak pembaca untuk merenungkan nilai-nilai agama, tradisi, dan keadilan sosial.

“Di Bawah Lindungan Ka’bah” adalah sebuah karya klasik Indonesia yang menyentuh hati dan relevan sepanjang masa. Novel ini tidak hanya menawarkan kisah cinta yang mengharukan, tetapi juga mengajak pembaca untuk merenungkan makna hidup yang lebih dalam.

Baca juga : Makna Esoterik Ka’bah

Isi novel ini agak sulit ditangkap bagi mereka yang belum menunaikan ibadah haji atau umrah. Bahkan juga masih sulit difahami jika pelaksanaan haji dan umrah yang lebih mengedepankan aspek fikihnya. Ketika memutari Ka’bah disibukkan dengan bolak-balik buku manasik, yang setiap putaran memiliki doa-doa panjang harus dibaca. Kadang-kadang ada orang yang bacaan Arabnya masih terbata-bata, harus memecah konsentrasi antara membaca buku dan melihat cela agar tidak menabrak orang lain. Selesai tujuh putaran selesai pula bacaan itu. Seolah takut kehilangan pahala haji dan umrah jika tidak sempurna membaca bacaan itu. Hal yang sama juga terjadi di dalam pelaksanaan Sa’yi antara Shafa dan Marwah. Mereka lupa bahwa bacaan itu hanya sunnat.

Mereka tidak sempat merasakan getaran batin di balik putaran demi putaran pusaran Ka’bah, “yang Allah memberkahi di sekitarnya”. Kita tentu berharap dan berdoa, semoga jamaah haji dan umrah kita, selain maqbul yang ditandai dengan sempurnanya pelaksanaan rukun dan Syarat haji dan umrah juga mabrur yang dapat diukur melalui perubahan positif karakter dan kepribadian pasca pelaksanaan haji dan umrah.

Baca juga : Ka’bah Sebagai Rumah Pembebasan (al-Bait al-’Atiq)

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 9, edisi Minggu, 2 Juni 2024 dengan judul "Teosofi Haji Dan Umrah (15), Di Bawah Lindungan Ka’bah"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.