Dark/Light Mode

Teosofi Haji Dan Umrah (21)

Misteri Di Balik Hijir Ismail?

Sabtu, 8 Juni 2024 05:54 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Hijir Ismail juga menyimpan jasad dua orang penting, yaitu Nabi Ismail dan ibunya, Siti Hajar. Dengan demikian, memutari Ka’bah sama dengan memutari dua tokoh tersebut. Dalam sumber lain, yang pasti di dalam Hijir Ismail hanya Siti Hajar, sedangkan Nabi Ismail belum jelas di mana persis dikuburkan. Di dalam Hijir  Ismail memang tidak ada prasasti Khusus tetapi diyakini sebagaimana dalam riwayat di atas bahwa di dalam bangunan setengah lingkaran itulah ibunda Siti Hajar dimakamkan.

Makna simbolik dari Hijir Ismail mengingatkan kita kepada Siti Hajar, meskipun dia seorang mantan budak kulit hitam, laludiperisterikan Nabi Ibrahim kemudian mengandung dan melahirkan Nabi Ismail yang kemudian turunannya melahirkan Nabi Muhammad SAW.

Baca juga : Misteri Di Balik Kata Makkah dan Bakkah (2)

Siti Hajar adalah seorang perempuan sejati yang dengan penuh ketekunan membesarkan Nabi Ismail. Jangan pernah memandang enteng budak perempuan kulit hitam sekalipun karena tidak mudah menjadi seorang pemilik maqam yang dikerumuni ribuan orang setiap hari tanpa terputus dari berbagai penjuru dunia dengan doa-doa khusus. Mungkin tidakakan pernah ada lagi manusia yang akan dikuburkan di sekitar tempat itu.

Kini Hijir Isma’il dijaga amat ketat oleh pihak keamanan Saudi Arabiyah karena tempatnya begitu sempit tetapi begitu banyak manusia yang mengantri masuk kedalamnya.

Baca juga : Misteri di Balik Kata Makkah dan Bakkah (1)

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 5, edisi Sabtu, 8 Juni 2024 dengan judul "Teosofi Haji Dan Umrah (13) Ka'bah Sebagai Rumah Pembebasan (al-Bait al-'Atiq)"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.