Dark/Light Mode

Tentang Terminologi (1)

Seolah Cuma Islam Yang Berasal Dari Timur Tengah

Minggu, 27 Januari 2019 06:54 WIB
SHAMSI ALI
SHAMSI ALI
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Konotasi yang timbul dengan terminologi ini adalah bahwa, Islam adalah ajaran dari Timur. Sebuah ketidakjujuran intelektual yang nyata. Sejatinya semua agama dunia itu asal usulnya dari Timur. Tapi ketidakjujuran intelektual Barat seolah mengatakan bahwa Islam khususnya adalah agama Timur.

Sementara agama Kristen dan Yahudi adalah agama Barat. Padahal baik Yahudi maupun Kristen keduanya berasal dari Jerusalem. Dalam perjalanan sejarah umat, juga tumbuh beberapa terminologi yang sering dianggap terminologi Islam.

Baca juga : Jangan Khianati Nilai Kemanusiaan, Agama & Konstitusi

Padahal biasanya terminologi itu timbul karena sebuah atau beberapa kasus keadaan sejarah masa lalu. Ada beberapa istilah itu yang kiranya tidaklah salah jika kita lihat kembali. Toh istilah-istilah itu bukan dari Al-Quran, juga bukan dari Hadis.

Kalau sekiranya dari Al-Quran seperti kata “kafir, fasiq dan munafiq” tentu sami’na wa atha’na (kita dengar dan patuh). Atau dari Hadist misalnya “dzimmi”, juga sami’na wa atha’na. [Bersambung]

Baca juga : Diperlukan Segera, Tim Pencari Fakta

Imam Shamsi Ali: Presiden Nusantara Foundation, Imam Islamic Center New York, Direktur Jamaica Muslim Center, New York, Pendiri Pondok Pesantren Di AS, dan Diaspora Indonesia di Kota New York.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.