Dark/Light Mode

Remoralisasi Elite Pancala

Senin, 28 Januari 2019 07:21 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Tujuan pembangunan berkelanjutan untuk mendorong seorang pemimpin menangani masalah-masalah kemiskinan, kelaparan dan dampak dari perubahan iklim.

Dampak perubahan iklim seperti banjir dan tanah longsor di berbagai daerah akhir-akhir ini bukan saja memakan korban jiwa, akan tetapi bencana tersebut dapat menciptakan bencana baru yang lebih dahsyat yaitu kelaparan dan kemiskinan.

Baca juga : Keputusan Jitu Puntodewa

“Sayangnya topik ini tidak masuk dalam materi debat capres dan cawapres ya, Mo? Masing-masing tim sukses malah saling berebut ‘wah’ dan terus mencari kejelekan lawan,” komentar Petruk. Romo Semar memilih diam tidak berkomentar. Semar justru penasaran dengan berita-berita sensasional yang terus menerus menghiasi headline koran paginya.

Pemberitaan mulai dari prostitusi online, batalnya pelepasan Ustad Ba’asyir dan Tabloid Indonesia Barokah membuat negeri ini seolah-olah mengalami gejala remoralisasi seperti yang terjadi di Kerajaan Pancala.

Baca juga : Berkaca Debatnya Bisma Vs Kresna

Kocap kacarito, Prabu Drupada atau Arya Sucitro sebelum menjadi raja di Pancala adalah sahabat karib dengan Pandita Durno. Waktu itu keduanya masih berguru kepada Resi Baratwaja dari Atas Angin. Bambang Kumboyono adalah nama muda Durna.

Setelah keduanya menuntut ilmu, Arya Sucitro pamit kepada Kumboyono untuk mengembara ke wilayah timur. Karena kegigihan dan kerja keras, Arya Sucitra berhasil sukses menjadi raja di Kerajaan Pancala.

Baca juga : Kutukan Hoaks Prabu Rama

Kumbayana mendengar kabar Arya Sucitro telah menjadi raja di Pancala. Sebagai teman seperguruan, Kumbaya ingin menyusul ke Pancala dan mau mengadu nasib.

Setelah mohon pamit gurunya, berangkatlah Kumbayana untuk menemui Arya Sucitro. Setelah berbulan-bulan sampailah Kumbayana ke Kerajaan Pancala. Setelah memasuki halaman istana Pancala, Kumbayana tidak sabar lagi untuk segera bertemu dengan Arya Sucitra.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.